Pendakian Merbabu Melalui Jalur Gancik

Pendaki Merbabu

Boyolali – Mendaki gunung seperti kegiatan petualangan sebuah aktivitas olah raga berat yang menantang baik menantng pikiran maupun fisik, bedanya olahraga ini dengan olahraga lainya adalah olahraga ini dilakukan di tengah alam terbuka yang liar, sebuah lingkungan yang sesungguhnya. Mendaki gunung memang banyak bahaya baik dari bahaya alam dan diri sendiri, untuk bahaya alam seperti badai, hujan, jalan licin, untuk bahaya diri sendiri biasanya pendaki tidak boleh lalai terhadap keselamatan dirinya. Mendaki memang memiliki unsur kepuasan tersendiri karena menghasilkan pengalaman keberhasilan dan kesuksesan saat mendaki atau kegagalan saat mendaki.

Sepeti salah satu pendaki asal Jogja ini yang bernama Rio. Dalam rangka liburan Rio naik ke Gunung Merbabu dengan melewati jalur gancik beserta teman-temanya yang ber jumlah 10 orang. “Kesannya asik banyak pemandangan yang bisa di nikmati. Tracknya lumayan enak, viewnya bagus, sarannya untuk jalur pendakian ini keamanan bisa ditingkatkan . Untuk mendaki gunung. Saran untuk para pendaki selanjutnya adalah jangan mendaki hanya berdasarkan nonton film atau melihat film pendaki tetapi di lihat dari pengalaman orang mendaki seperti apa yang mereka alami yang bisa dijadikan pelajaran untuk mereka yang ingin naik lagi. Safety nya harus mengetahui tracknya terhadap gunung yang akan ia daki.” ujar Rio yang sudah
8x mendaki ke merbabu, tetapi untuk pendakian ke 9 ini Rio dan teman-temanya mendaki melalui jalur yang berbeda yaitu jalur Gancik.

Persiapan mendaki seperti fisik sehat, peralatan lengkap dan ready untuk dipakai pendakian harus benar benar disiapkan.

Peralatan untuk mendaki terutama pelindung tubuh, peralatan jalan, sepatu tracking, jaket hangat, tenda, sleeping bad dan makanan.

Perbedaan jalur gancik dan selo adalah kalau Via gancik sedikit memotong jalur karena di bagian awal banyak track yang agak curam itu agak memotong jalur, untuk via selo agak zigzag jadi lebih cepat lewat jalur Gancik. #zachr

Related posts