Manfaat Bayam Untuk Tubuh

Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran bervitamin yang sudah tidak asing bagi kita. Berdaun hijau dan memiliki lebar daun yang besar dengan batang tidak begitu tinggi merupakan ciri fisik dari bayam. Harga murah dan mudah didapatkan juga merupakan beberapa keunggulan dari bayam. Meskipun begitu, bayam memiliki beberapa khasiat yang mengejutkan bagi kesehatan tubuh.
1. Membuat Tubuh Tidak Mudah Capek. Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi dalam bayam akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk pekerjaan dan aktivitas anda.
2. Nutrisi Sempurna Untuk Jantung Anda. Berbagai gaya hidup yang tidak sehat dapat memunculkan penyakit jantung dan berpotensi besar terkena serangan jantung. Untuk itulah, mulailah dengan mengkonsumsi sayuran bayam yang memiliki kandungan vitamin A, C, folat serta magnesium.
3. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan dan mencegah berbagai gangguan masalah pencernaan lainnya yang mungkin terjadi.
4. Menutrisi Tulang daan Sendi. Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam mampu menguatkan tulang pada tubuh. Sehingga pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat di cegah sedini mungkin dengan rutin mengkonsumsi sayuran bayam tersebut.
5. Meningkatkan Memori Otak. Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan mengingat sesuatu apapun pasti berkurang. Kandungan nutrisi dalam bayam dapat meningkatkan kemampuan memori dan mengingat otak lebih baik.
6. Pencegah Kanker Yang Efektif. Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan sekaligus mematikan di seluruh dunia. Mengkonsumsi bayam mampu mencegah penyakit kanker pada tubuh. Kandungan flavanoid dapat mencegah kanker seperti kanker payudara pada wanita serta kanker prostat pada pria.
7. Penglihatan Yang Lebih Baik. Bayam merupakan sumber vitamin A dan lutein (salah satu karotenoid) yang dapat menutrisi organ mata atau penglihatan yang anda miliki dan mencegah penurunan kemampuan penglihatan secara lebih dini sekaligus mencegah katarak.

Bayam mengandung zat besi yang berupa Fe2+ (ferro), jikalau bayam terlalu lama berinteraksi dengan O2 (Oksigen), maka kandungan Fe2+ pada bayam akan teroksidasi menjadi Fe3+ (ferri). Meski sama-sama zat besi, yang bermanfaat untuk manusia adalah ferro, lain halnya dengan ferri yang bersifat racun. Jadi jangan sekali-sekali untuk memanaskan sayur bayam yang sudah melalui proses pemasakkan dalam bentuk makanan.

Sebaiknya kita harus segera mengkonsumsi bayam sesaat setelah diolah, lebih baik hindari juga mengkonsumsi bayam yang sudah lebih dari 5 jam di atas meja makan, karena selain mengandung zat ferri yang tadi disebutkan di atas, bayam tersebut juga dapat mengandung zat nitrat (NO3) yang jika teroksidasi dengan udara juga akan menjadi NO2 (nitrit) yang bersifat senyawa tidak berwarna, tidak berbau dan bersifat racun.
Dalam mengolah sayur bayam kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panci aluminium. Aluminium ini bisa menyebabkan racun karena bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam bayam.

Related posts