Sr. M. Franciani, OSF, S.Pd – Kepala SD Marsudirini Surakarta – 50 % Dana Sertifikasi Telah Berarti

Marsudirini Solo

Pro kontra dana sertifikasi yang telah digelontorkan oleh pemerintah beberapa tahun silam kepada guru menjadi bahan pembicaraan yang menarik di tengah masyarakat. Menurut Suster M. Franciani, OSF, S.Pd selaku Kepala SD Marsudirini Surakarta, 50 persen dana yang diberikan kepada guru sertifikasi telah berarti atau sudah meningkatkan kualitas dan mutu guru Indonesia. Kendati peningkatan kualitas itu belum seratus persen, namun setidaknya tahap demi tahap dapat mengubah keadaan.
Dalam kesempatan ini saya berharap, pemerintahan baru (kabinet baru Jokowi- JK) nanti bisa mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan profesional, khususnya tentang pembangunan pendidikan karakter. Kinerja guru yang beberapa tahun menjadi soorotan publik harus bisa menunjukkan bukti yaitu kualitas pendidikan yang memadai.
“Saya akui bahwa kesejahteraan guru sekarang sudah sangat baik, karenanya jangan sampai mengecewakan pemerintah dan masysrakat. Guru hendaknya jangan hanya mengutamakan belanja untuk rumah tangganya, tetapi uang sertifikasi sebaiknya juga digunakan untuk memperkaya keilmuan dan keterampilan diri sebagai bentuk penunjang untuk mengajar”, ujarnya.
Bukan pembelian barang berharga seperti mobil, rumah saja, tetapi sabaiknya guru harus bisa memperkaya dirinya dengan ilmu pengetahuan tak teknologi sesuai kebutuhan pendidikan. Kemudian tentang kurikulum, menurut Suster M. Franciani pemerintah hendaknya tidak ganti ganti terus, namun kurikulum baru 2013 yang sekarang tengah mulai diberlakukan sebenarnya sangat berkualitas dan lebih ringkas. Sekali lagi, era pemerintahan yang baru ini diharapkan bisa memaksimalkan pendidikan sebagai pondasi utama dalam memajukan negara. (Ries/r)

Related posts