Drs. Agus Sriyanto, M.M – Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri – Tetap Dituntut Kinerja Profesional

Agus Sriyanto (Kepala UPTD Wuryantoro Wonogiri)

Memiliki jiwa kewirausahaan merupakan salah satu item dari penilaian kinerja kepala sekolah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika jiwa kewirausahaan juga dimiliki oleh seorang guru untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya berwirausaha di luar profesinya sebagai seorang pendidik. Bahkan jiwa kewirausahaan tersebut bisa ditularkan kepada anak didik agar mereka menjadi orang yang mandiri.
Pernyataan tersebut disampaikan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, Drs. Agus Sriyanto, M.M saat dikonfirmasi Majalah DIDIK terkait tema rubrik Teropong Majalah DIDIK edisi ini. “Berwirausaha merupakan cara untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi menopang kebutuhan keluarga. Tidak bisa dipungkiri jika seseorang terpenuhi kesejahteraannya secara otomatis dapat mendongkrak kinerja. Hal tersebut juga berlaku bagi guru. Jika guru sejahtera maka kinerjanya akan meningkat,” ungkap dia.
Lebih lanjut, pak Agus begitu sapaannya menuturkan jika ada guru yang sudah bersertifikasi lalu berwirausaha maka disarankan agar dana sertifikasi yang telah diperolehnya tidak hanya digunakan untuk kebutuhan konsumtif akan tetapi juga digunakan untuk peningkatan pengembangan diri di bidang pendidikan mungkin sebagian bisa digunakan untuk modal berwirausaha.
“Ada sebagian guru membuka usaha foto copy, warung makan, tata rias pengantin, dekorasi, penyewaan alat-alat kebutuhan umum, dan sebagainya. Meskipun demikian, sebagai tenaga profesional sembari mereka berwirausaha tetap saja dituntut tetap bisa membagi waktu antara tugas sebagai guru dan mengembangkan usaha yang dimiliki,” ujar Agus Sriyanto belum lama ini di ruang kerjanya. (Sofyan/r)

Related posts