Dari Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) Univet Sukoharjo – Siapkan Pembina Pramuka Handal

Kursus mahir dasar pramuka UNIVET (2) copy

Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) jenjang kepramukaan diperuntukkan bagi calon Pembina gugus depan yang belum pernah mengikuti KMD dan pramuka dewasa yang menginginkan memperoleh ijazah KMD. Sebagaimana KMD di Univet Sukoharjo yang merupakan kerjasama antara program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP, mengingat kurikulum 2013 mengamanatkan dan mewajibkan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib maka calon guru SD harus dibekali dengan pendidikan kepramukaan.
“Penekanannya menyiapkan Pembina mahir. Begitu mahasiswa ini lulus dari PGSD sudah mendapatkan ijasah atau sertifikat untuk membimbing dan melatih di gugus depan (gudep) yang nanti diikuti,” jelas Pimpinan Kursus Suharyanto saat dikonfirmasi Majalah DIDIK.
Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kak Haryanto ini mengatakan kegiatan KMD dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama tanggal 19 sampai 23 Agustus 2014 dengan peserta sebanyak 200 orang dan tahap kedua pada bulan September jumlah peserta 203 orang.
“Penyampaian materi 60% di dalam ruangan dan 40% di luar ruangan. Di ruangan menyampaikan materi secara teoritik tentang filosofi kepramukaan dan diimpelementasikan diluar ruangan seperti latihan pioneering, mendirikan tenda, upacara pembukaan maupun penutupan baik untuk golongan pramuka siaga, penegak, pandega,” ujarnya.
Disinggung mengenai output dari pelaksanaan KMD, Kak Haryanto berharap mahasiswa benar-benar menjadi Pembina yang mahir tingkat dasar. “Menurut apa yang telah disampaikan pak Rektor KMD masuk dalam perkuliahan. Dengan adanya program tersebut maka otomatis di kampus ini menyiapkan Pembina pramuka setiap tahunnya,” terangnya mengakhiri perbicangan di ruang panitia. (Sofyan/r)

Related posts