Candi Kalasan Perlu Promosi Pemerintah

Candi Kalasan

Yogyakarta – Yogyakarta terdapat banyak candi-candi yang bersejarah salah satunya adalah Candi Kalasan. Candi Kalasan adalah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Budha. Candi ini berada di sisi jalan raya Yogyakarta-Solo, karena candi ini letaknya di wilayah Kalasan, maka candi ini di kenal dengan Candi Kalasan.

Candi kalasan memang belum banyak di datangi pengunjung karena kurangnya promosi dari pemerintah sekitar. Stupa-stupa kecil menghiasi sekeliling candi yang sekarang ini banyak batu-batu yang hilang, puncak candi pun tidak berbentuk sempurna, karena diakibatkan dari gempa.Ukiran-ukiran candi sangat indah, ornamen-ornamen rumit dan halus banyak di temukan di sekeliling candi. Candi ini belum pernah dipugar secara total, sampai sekarang masih berdiri utuh walaupun banyak reruntuhan di sana-sini. Agar candi dapat terjaga kelestariannya dan demi keamanan dan kenyamanan pengunjung maka, pengunjung dilarang untuk menaiki Candi Kalasan.

Harga tiket untuk memasuki candi ini sebesar Rp. 5.000,- per orang. Fasilitas yang dimiliki di tempat wisata ini sangat minim. Hanya tersedia tempat parkir kendaraan dan beberapa warung kecil di sekitar kawasan candi ini. #Aura

Related posts