Wisata Kampung Samin Surosentiko Blora Jawa Tengah

samin 3

Wisata Kampung Samin Surosentiko Blora Jawa Tengah
Destinasi Wisata Edukasi, Bernilai Spiritual dan Pesan Moral

Jika Anda sudah pernah pergi ke Wisata Kampung Samin Surosentiko di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Anda akan mendapatkan berbagai hal. Mulai dari mengenal lebih dekat sosok Samin Surosentiko dan ajarannya, kemudian budaya dan nilai-nilai luhur yang terkandung dan masih dilestarikan masyarakat Samin dan sebagainya.

Belakangan ini, Kampung Samin di Blora yang terletak di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tersebut dilirik berbagai kalangan untuk dijadikan destinasi wisata edukasi. Tak hanya kalangan seniman dan budayawan, saat ini mulai banyak akademisi melirik Kampung Samin sebagai salah satu khazanah budaya di Blora.

Bahkan, beberapa waktu lalu Presiden Jokowi dan rombongan, ditemani Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga berkunjung ke kampung Samin di Blora. Hal itu membuktikan bahwa Kampung Samin bukan sembarang kampung, namun menyimpan berbagai khazanah budaya yang kaya akan nilai-nilai spiritual dan pesan moral.

Berbicara Samin, maka kita tentu berbicara profil lengkap Samin Surosentiko, sejarah Samin Surosentiko, budaya masyarakat Samin, ajaran Samin Surosentiko, kisah perjuangan Samin Surosentiko melawan penjajah dan sebagainya. Tak heran, banyak skripsi tentang Samin Surosentiko, tesis Samin Surosentiko bahkan disertasi Samin Surosentiko yang meneliti dan mengembangkan nilai-nilai luhur dari Samin Surosentiko.

Samin Surosentiko dan kampung Samin serta ajarannya menjadi salah satu kekayaan Kabupaten Blora yang tidak terlalu. Maka dari itu, perlu dukungan jelas dan peran pemerintah setempat, baik Pemkab Blora maupun Pemprov Jateng untuk mengampanyekan Kampung Samin sebagai salah satu objek wisata di Blora.

Apalagi, di Kampung Samin masih ada Mbah Lasio, salah satu keturunan ketiga dari Samin Surosentiko yang menjadi salah satu kepercayaan di Nusantara yang sudah diakui. Bagi orang Samin dan khususnya masyarakat Blora, Samin memang bukan segalanya, namun segalanya bisa berawal dari sana. Tertarikkah Anda berkunjung ke Kampung Samin di Blora? #Ki Jagad Mahendra

Related posts