UNGKER BLORA – Kuliner Paling Aneh dan Ekstrem

Ungker Blora 5

Blora – Ungker adalah salah satu kuliner khas Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ungker, merupakan ulat duan jati yang dimakan warga Blora. Tidak heran, kuliner ungker disebut dengan kuliner ekstrem bahkan aneh di dunia. Apalagi, bagi warga Blora, ungker dimasaka, digoreng, ditumis dan dipepes sesuai selera. “Ini harganya masih standar, per gelar kami jual Rp.30.000,” ujar Yatmi, penjual ungker di hutan jati Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Menurut dia, saat ini adalah musim ungker yang dimanfaatkan warga Blora untuk mengais rezeki.
Pantauan DIDIK NEWS, dari sepanjang hutan jati di Jalan Raya Cepu-Sambong Blora, banyak sekali warga setempat yang mencari dan menjual ungker dengan dibungkus daun jati dan juga plastik. “Biasanya paling banyak dipepes dan digoreng,” ungkap Sumardjan, warga Desa Tambahrejo, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.
Dikatakannya, ungker sendiri sebenarnya hanya ada disaat musim seperti ini, disaat duan jati mulai semi ketika hujan datang. “Banyak sih yang meneliti, termasuk resep dan cara memasak ungker sampai dengan hukum memakan ungker,” beber guru SD tersebut. Dari beberapa kuliner lain di Blora, hanya ungker yang aneh, karena bagi orang yang tidak pernah melihat ungker, pasti jijik dan takut memakan ulat daun jati berwarna cokelat kehitam-hitaman tersebut. “Tapi kalau warga Blora ya sudah biasa,” ujar dia disela-sela menawar ungker di hutan jati Sambong, Blora belum lama ini. (her)

Related posts