Siswa SMA Muh PK Solo Ciptakan Pasti Gigi dari Kulit Telur

SMK Muh PK Solo

Dua siswa tengah mengolah cangkang telur menjadi pasta gigi (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sejumlah siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo memanfaatkan cangkang atau kulit telur menjadi pasta gigi.
Kepala SMA Muhammadiyah PK Solo, Hendro Susilo mengemukakan, kegiatan belajar percobaan ini merupakan bagian dari program sekolah untuk melatih siswa menjadi kreatif dan mendidik siswa untuk memberikan sumbangan ide yang bermanfaat untuk masyarakat.
“Dari kegiatan belajar yang sederhana ini, semoga bisa merangsang pemikiran siswa dan memantulkan ide-ide lain yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat luas sebagai proses edukasi,” ujar Hendro saat ditemui wartawan di sekolah setempat.
Sementara itu, siswa SMA Muhammadiyah PK Solo, Aurelya mengemukakan, berdasarkan literasi dan hasil penelitian, kulit telur mengandung 90 persen sumber kalsium murni dan secara kimiawi hampir mirip dengan kalsium yang membentuk tulang dan gigi manusia.
Setelah melalui diskusi sesama temannya, Aurelya mengaku, secara bersama-sama melakukan percobaan serta menceritakan proses pembuatannya. Telur yang sudah direbus, dikupas kulitnya untuk ditumbuk atau digiling hingga menjadi halus seperti bubuk tepung. Bubuk tepung kulit telur kemudian dimasukan wadah, lalu ditambahkan 3 sendok makan minyak kelapa, 1 sendok makan baking soda dan 1 tetes minyak esensial murni serta diaduk. Setelah itu, pasta gigi siap digunakan.
Proses belajar mengolah kulit telur ini, menurut Aurelya, bermanfaat untuk edukasi siswa dan masyarakat. Bahwasanya limbah atau sampah cangkang dari telur yang biasa dikonsumsi, bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan gigi. (tyoeka)

Related posts