LPPM AMIK Bina Sarana Informatika (BSI) Yogyakarta Selenggarakan Seminar Nasional IT, Ethics, Regulation And Cyber Law III

Seminar Cyber Crime 3

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) AMIK Bina Sarana Informatika (BSI) Yogyakarta mengadakahn seminar nasinoalIT, Ethics, Regulation And cyber law III dengan tema ” Kejahatan Multimedia di Media Sosial “. Dimana seminar ini pada tahun sebelumnya juga telah diselenggarakan dua kali pada tahun 2013 dan 2014. Pada tahun 2015 ini merupakan penyelenggaraan seminar yang ke tiga dengan topik yang sama dalam bidang IT, ethic, regulasi dan juga kejahatan cyber. Dalam penyelenggaraannya LPPM Bina Sarana Informatika Yogyakarta bekerjasama dengan POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta.
Seminar yang diselenggarakan pada hari Selasa, 17 November 2015 di hotel @HOME Platinum Yogyakarta diikuti oleh kurang lebih 150 peserta yang terdiri dari pelajar/mahasiswa, anggota kepolisian dari POLDA DIY dan juga dari peserta umum. Pada seminar kali ini menghadirkan Dr.Mochamad Wahyudi, MM.,M.Kom.,M.Pd.,CEH., CHFI ( dosen BSI dan praktisi IT, tersertifikasi internasional di bidang hacking dan IT forensic dari EC Council USA ) dan juga AKBP Totok Suharyanto, S.ik, M.hum ( Wadir reskrimsus POLDA DIY ) sebagai pembicara.
Acara dibuka dengan penampilan seni tari gambyong oleh mahasiswa BSI Yogyakarta yang dibawakan oleh Agsela budi kartikasari dan Yeni wulandari. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ir. Naba Aji Notoseputro selaku direktur Bina Sarana Informatika (BSI) yang dilanjutkan dengan sambutan dari koordinator kopertis wilayah V ( Daerah Istimewa Yogyakarta ) Dr. Bambang Supriyadi,CES, DEA.Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi seminar pertama oleh Dr. Mochamad Wahyudi, MM., M.Kom., M.Pd., CEH., CHFI dimana disela-sela acara disampaikan jenis dan modus-modus kejahatan yang ada di media sosial serta bentuk kejahatan di dunia maya. Kemudian dilanjutkan pemaparan materi kedua oleh wadir reskrimsus POLDA DIY dengan menyampaikan tentang regulasi-regulasi dan juga undang-undang yang mengatur tentang tindak kejahatan di dunia maya.
“Dengan diadakannya seminar ini diharapkan nantinya masyarakat luas dan juga para peserta pada khususnya dapat lebih mengerti dan memahami akan bahaya kejahatan multimedia yang ada di media sosial, sehingga dapat terhindar dari kejahatan tersebut” kata Bambang Eka Purnama., M.Kom selaku ketua pelaksana. Selain itu, kedepannya juga diharapkan acara ini dapat terus terselenggara guna memberikan pembelajaran dan pendidikan kepada khalayak luas khususnya para pengguna internet aktif yang ada di Indonesia. #zachr

Related posts