Pengukuhan Paskibra Solo

Pengukuhan Paskibra Solo

Solo – Pengukuhan Paskibra Solo di laksanakan di Balai Kota Surakarta. Kegiatan ini di selenggarakan setiap tahunnya untuk menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebelum acara di mulai, pada pukul 16.00 WIB telah di lakukan gladi bersih. Anggota paskibra harus menyiapkan diri di lapangan Balai Kota Surakarta setelah menjalankan ibadah sholat maghrib untuk melaksanakan inti acara tersebut. Acara ini di hadiri oleh wali atau orang tua anggota paskibra.

Untuk mengikuti paskibra tahun ini ada dua tahap penyeleksian, tahap pertama yaitu seleksi akademik, kesenian dan postur tubuh. Di tahap kedua ada tes fisik yaitu lari mengelilingi stadion kota barat. Selain tahap penyeleksian beberapa persyaratan juga harus dipenuhi seperti memiliki tinggi badan 168 cm dan fisik yang mumpuni.

Anggota paskibra ini terdiri dari beberapa sekolah yang ada di Surakarta. Dari sekian banyak sekolah, 55 anak berhasil lolos seleksi paskibra. Latihan paskibra dilakukan mulai tanggal 25 Juli 2015 sampai upacara akan di laksanakan.

Yohanes Surya (16) selaku anggota paskibra dari SMA Kristen 1 Surakarta memaparkan bahwa “Kesulitan yang di hadapi anggota paskibra yaitu masalah fisik. Jadi pintar-pintarnya kita dalam menjaga kesehatan. Pantangan bagi paskibra sendiri itu pasti minum es dan makan gorengan”.

Tujuan dari kegiatan paskibra ini antara lain untuk melatih dasar kepemimpinan, membentuk siswa yang berkarakter dan cinta tanah air. Harapan kedepannya semoga paskibra akan lebih baik dalam menjalankan tugasnya. #Ayu dan Laras

Related posts