Takjil di Masjid Riyadhoh Untuk Menghumpun Anak Muslim

Takjil Masjid Riyadhoh

Solo – Setiap bulan ramadhan identik dengan yang namanya takjil, takjil ini sendiri adalah makanan atau menu berbuka puasa. Takjil biasa di berikan untuk anak TPA atau orang yang bertadarus di masjid dan berasal dari warga sekitar yang suka rela memberikan takjil ke masjid. Tujuan di adakannya takjil ini agar anak-anak rajin mengikuti TPA di masjid dan mereka lebih bersemangat dalam berpuasa.

Takjil dibagikan setiap menjelang berbuka puasa, sebelum takjil di bagikan anak-anak mengisi kegiatan dengan mengaji, hafalan surat-surat pendek, mendengarkan ceramah dan di selingi dengan kuis atau games. Games yang di lakukan seperti hafalan nama-nama nabi, hafalan surat-surat pendek, menyebutkan rukun iman/islam, menyanyi lagu islam dan masih banyak lagi. Anak-anak sangat senang dengan kegiatan ini, selain mendidik, kegiatan ini juga memnyenangkan dan bisa belajar sambil bermain.
Kegiatan TPA dan pembagian takjil ini di dukung para orang tua santri TPA, mereka merasa di untungkan dengan adanya kegiatan ini karena anak-anak mereka mendapat pembekalan islam yang baik.

Bambang Partono selaku ketua takmir masjid Riyadhoh Iman yang terletak di jalan Kolonel Sugiyono 53 Surakarta mengatakan bahwa takjil ini berasal dari Dasa Wisma yang berarti sepuluh rumah atau sepuluh kepala keluarga yang setiap dasa wisma menanggung satu hari pembagian takjil

“dari masyarakat di bentuk dasa wisma jadi perdasa wisma menanggung satu hari sehingga karena ada sepuluh dasa wisma di lingkungan masjid ini jadi masing-masing dasa wisma mendapat jatah tiga kali dalam satu bulan”

di masjid ini setiap tahunnya di adakan pembagian takjil yang di urus oleh panitia takmir dan dasa wisma baru di adakan tahun ini.
Tanggapan dari orang tua santri TPA mengenai adanya takjil dan kegiatan TPA adalah agar anak mereka rajin mengaji dan belajar berpuasa.
Harapan untuk kedepannya agar kegiatan pembagian takjil ini terus di laksanakan selama bulan ramadhan tiba setiap tahunnya dan kegiatan TPA terus di laksanakan walaupun tidak pada bulan ramadhan. #nadya dan ningsih

Related posts