Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang Putih

Jika anda pernah merasakan bawang putih tentu saja rasanya akan getirr. Namun bumbu masak di dapur yang merupakan umbi umbian ini menurut sebuah penelitian ternyata bisa mencegah kanker. Apa manfaatnya untuk kesehatan ?
1. Senyawa Allicin Yang Bisa Digunakan Untuk Obat
Bawang putih mengandung allicin yang bisa bermanfaat sebagai fungsi obat. Bawang putih memiliki kandungan senyawa sulfur yang disebut Allicin yang banyak diyakini sangat besar peranannya dan bermanfaat untuk kesehatan. Bawang putih sudah digunakan sejak Mesir kuno. Zat allicin merupakan zat yang berfungsi sebagai anti bakteri. Selain itu Allicin juga bermanfaat untuk Menurunkan berat badan, Mengencerkan darah, Mencegah hipertensi, Zat anti kanker, Antioksidan Dan anti anti mikroba / bakteri.
2. Herbal Anti Kanker
Didalam bawang putih mempunyai Kandungan sulfida alil dan terdapat dalam bawang putih yang menyebabkannya sebagai herbal anti kanker. Dari berbagai temuan para peneliti adalah kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosiklik (HCA) yang merupakan zat yang dapat memicu kanker payudara bagi perempuan. Dari berbagai penelitian yang dilakukan zat diallyl sulfida yang terdapat dalam bawang putih mampu menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara. Dalam kandungan bawang putih memiliki zat anti kanker yang efektif untuk mencegah pertumbuhan sel dari berbagai jenis kanker yang berbahaya bagi anda.
3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8%. Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal. Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.
4. Kaya Akan Nutrisi dan Rendah Kalori
Bawang putih merupakan salah satu herbal yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. Bawang putih sangat tinggi kandungan vitamin C dan Kalsium serta zat besi. Setiap bawang putih per 136 Gr bawang putih maka mengandung Vitamin C untuk Memenuhi 71 % kebutuhan harian, Kalsium untuk Memenuhi 25 % kebutuhan harian, Besi untuk Memenuhi 13 % kebutuhan harian, Karbohidrat (45 gr) untuk 15 % kebutuhan harian dan Serat (3 g) untuk memenuhi 11 % kebutuhan harian.
Nutrisi yang terdapat dalam kandungan bawang putih ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun uniknya ia tidak mengandung zat atau nutrisi yang mungkin berbahaya bagi tubuh jika terlalu besar seperti lemak jenuh dan kalori. Herbal ini dipastikan dapat membantu menunjang kesehatan tubuh dan menjadikan kita bebas dari berbagai penyakit berbahaya.
5. Sumber Antivirus/anti bakteri/ Antioksidan Yang sangat Ampuh
Khasiat paling populer dari bawang putih adalah sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, bawang putih juga dikenal sebagai anti virus dan bakteri, zat yang terkandung dalam bawang putih ini dapat membantu mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi dan virus serta cacing dalam tubuh.

Related posts