Ke Indonesia, turis asing rata-rata cuma menginap dua hari di hotel

Wisatawan

Agenda kota – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara secara kumulatif (Januari-Maret 2015) mencapai 2,30 juta orang. Dari data tersebut, ada peningkatan 3,51 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu.

BPS juga mencatat rata-rata para wisatawan asing menginap di hotel. Fakta menyebutkan, turis asing menginap di hotel tak lebih dari dua hari.

“Rata-rata lama menginap tamu asing dan Indonesia pada hotel berbintang di 27 provinsi selama Maret 2015 tercatat sebesar 1,96 hari,” ujar Kepala BPS Suryamin di Kantornya, Senin (4/5).

Tingkat keterisian kamar hotel berbintang di 27 provinsi pada Maret 2015 mencapai 49,13 persen. Jumlah tersebut turun 2,16 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pada periode yang sama tahun lalu tercatat 51,29 persen.

“Jika dibanding Februari 2015 naik 1,54 poin,” tuturnya.

Suryamin juga menyinggung kebijakan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait larangan rapat di hotel. Diakuinya, kebijakan itu turut mempengaruhi tingkat hunian hotel.

Seiring melunaknya sikap pemerintah dan memberi kelonggaran dengan memperbolehkan rapat di hotel, kondisinya menjadi lebih baik.

“Sekarang sudah diperbolehkan dengan syarat kalau tidak ada lagi hotel pelat merah,” ucapnya

Source: merdeka.com

Related posts