TPP Guru, Akan Cair

TP Guru, Akan Cair

Pacitan – Kecemasan ribuan guru bersertifikasi di Pacitan, terkait isu akan ditundanya pembayaran tunjangan profesi, semester pertama Tahun 2015, akhirnya terbantahkan. Dinas Pendidikan setempat menyatakan, ?sudah mengajukan surat perintah membayar (SPM) TP guru pada tanggal 16 April lalu. Pernyataan tersebut sebagaimana diungkapkan Sakundoko, Kepala Dinas Pendidikan Pacitan, kemarin (19/4).

Mantan staff ahli bupati yang dipercaya kembali memimpin SKPD besar tersebut menegaskan, isu akan ditundanya pembayaran TP guru, hanya isapan jempol semata. Menurut Sakundoko, TP guru akan tetap dibayarkan sebagaimana ketentuan dan mekanismenya. “Siapa yang bilang TP guru akan ditunda? Kami sudah mengajukan SPM sejak beberapa hari lalu,” katanya, saat dicegat wartawan di receptionis, Sekkab Pacitan.

Sementara itu, Kasie Tenaga Kependidikan TK/SD, Bidang Ketenagaan, Dinas Pendidikan Pacitan, Rino Budi Santoso, membenarkan sudah disampaikannya SPM TP guru ke bendahara umum daerah. Meski begitu, belum semua guru bersertifikasi bisa menikmati hak pendapatannya itu. Sebab, lanjut dia, masih banyak surat keputusan pembayaran TP yang belum turun. ?”Beberapa guru sudah kita usulkan SPM, dengan dasar SK pembayaran TP. Tetapi juga masih banyak yang belum diusulkan, karena SK pembayarannya memang belum turun,” jelasnya, secara terpisah.

Beberapa guru jenjang pendidikan dasar dan TK, serta PAUDNI yang akan menerima hak TP, diantaranya, ?guru PAUDNI, sebanyak 335 guru, SD dan SMP 2.582 guru. Jumlah SK tersebut telah diajukan SPM. “Sedangkan dari pendidikan menengah, sementara belum bisa diinformasikan mengingat petugasnya tengah sakit,” tutupnya. (yun).

Related posts