Soto Betawi Gurih Lezat

Soto Betawi

Berbagai macam resep kuliner nusantara tentu sudah banyak kica coba karena keragamannya. Soto pun banyak sekali macamnya. Kali ini kita akan mencicipi soto Betawi yang sangat khas.

Cara Membuat Soto Betawi Spesial
500 gram daging sapi
1/2 butir kelapa, parut dan ambil santannya
3 Butir telur rebus
3 Buah kentang rebus
2 Buah tomat ukuran sedang
Jeruk nipis secukupnya
Bawang goreng secukupnya
1 batang daun bawang, iris kecil-kecil
1 ruas lengkuas
1 Batang sereh, memarkan
3 lembar daun jeruk
Garam, gula secukupnya

Bumbu soto betawi yang dihaluskan :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah kemiri
1 cm kunyit, bakar sebentar agar harum
1 cm jahe

Cara Membuat :
Rebus daging sapi dalam 2 liter air sampai lunak, kemudian potong daging sesuai dengan selera, disarankan untuk memotongnya dengan ukuran sebesar dadu. Jangan buang kaldunya.
Panaskan sedikit minyak, kemudian setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah harum masukan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya.
Aduk-aduk sampai rata kemudian tambahkan lengkuas, daun jeruk, sereh dan yang terakhir garam dan gula.
Masukkan tumisan bumbu dan daging tersebut ke dalam kaldu rebusan daging. Kemudian tambahkan santan kental dan aduk sesekali. Masak sampai daging empuk dan kuah sedikit menyusut.

Cara penyajian:
Isikan telur rebus iris dalam mangkok, kentang rebus iris dan tomat iris. Tambahkan daging dan kuah soto kemudian taburi daun bawang, bawang merah goreng dan berikan sedikit air jeruk nipis sesuai dengan selera. Jika suka, tambahkan taburan emping melinjo.

Sambal soto :
5 buah cabe merah besar di goreng, haluskan cabe merah tersebut kemudian beri sedikit garam dan tambahkan sedikit kuah soto.

Related posts