Karanganyar – Lomba MTQ 2015 dibuka di Alun – Alun, dilaksanakan di SMP 3 Karanganyar

Lomba MTQ 2015 dibuka di Alun – Alun, dilaksanakan di SMP 3 Karanganyar

Karanganyar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membuka lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) pelajar dan umum tingkat Kabupaten Karanganyar, hari ini (14/4) pukul 07.30 WIB di Alun – Alun Karanganyar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam pembukaan MTQ tersebut adalah Bupati Karanganyar Drs.H.Juliyatmono, MM. Dalam sambutannya ia memberikan semangat kepada seluruh yang hadir dalam acara tersebut untuk selalu membaca Alquran karena merupakan spirit bagi umat Islam.

“Bagi yang beragama Islam mari kita cintai kitab suci ini, bawalah Alquran, bacalah Alquran, bacalah terjemahannya, karena ini adalah sumber spirit kita, sumber hidupkita”, tegasnya.

Sementara itu sesuai dengan informasi bahwa Peserta lomba adalah perwakilan dari 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Setiap kecamatan mengutus 16 pelajar dan 34 peserta umum.

Peserta lomba dari kalangan pelajar akan bersaing pada tiga cabang, yakni tartil Alquran, tilawah Alquran, dan hifdzil Alquran. Sedangkan peserta lomba MTQ umum akan bersaing pada enam cabang, yakni tafsir Alquran, tilawah Alquran, dan hifdzil Alquran, fahm Alquran, syarhil Alquran, dan shath Alquran.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Tarsa, menuturkan lomba itu rutin setiap tahun.

“Ini untuk mengembangkan kemampuan baca tulis Alquran dan pemahamannya. Pemenang lomba akan dikirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah hingga nasional. Selama ini kami hanya bisa menembus tingkat provinsi. Ajang ini bisa menjadi pengalaman bagi peserta. Kami tidak menargetkan juara di tingkat provinsi,” kata Tarsa saat ditemui wartawan di ruang kerjanya.

Related posts