Sistem Intranet untuk Ujian Online di SMKN 6 Sukoharjo

Intranet SMK n 6 Sukoharjo

Sukoharjo – Jaringan intranet adalah jaringan komputer yang bersifat lokal yang dimiliki oleh sebuah instiusi. SMK Negeri 6 Sukoharjo kini telah memiliki sistem intranet yang berfungsi sangat maksimal. Sebuah jaringan komputer lokal yang didukung dengan jaringan wifi. Sistem intranet yang dibangun telah berisi beberapa aplikasi Sistem Informasi seperti website SMK Negeri 6 Sukoharjo, Kelas Online, Perpustakaan Online, Jejaring Sosial Siswa “DiaLoGue”, serta sistem data center untuk guru.
Sejauh ini sistem intranet SMK Negeri 6 Sukoharjo masih belum optimal dimanfaatkan dalam sistem pembelajaran. Hal ini terkendala dengan kondisi siswa yang masih banyak belum memiliki laptop untuk dapat mengakses intranet.
Namun dalam beberapa pembelajaran berbasis TIK, sistem intranet sangat membantu dalam pembelajaran. Diantaranya adalah sistem kelas online. Dimana sistem ini sebenarnya memudahkan guru dan siswa mampu berinteraksi dalam proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.
Dalam kelas online, guru dapat membuat sistem ujian online dengan beberapa tipe soal, yakni soal pilihan ganda, isian singkat, soal true false, soal mencocokkan/menjodohkan serta soal essay. Dalam konfigurasi penilaian sudah meliputi konfigurasi pengaturan bobot nilai, batas waktu pengerjaan (timer), sistem soal dan jawaban random/acak serta kemudahan dalam mengunggah materi sebagai bahan belajar siswa.
Dengan sistem ujian online diharapkan mampu memberikan motivasi belajar siswa, karena sistem ujian online dimana soal dan jawaban bersifat acak mampu meminimalisir siswa untuk mencontek dan memotivasi agar siswa dapat lebih mempersiapkan belajar dalam menghadapi setiap ujian.
Ujian online juga memungkinkan setiap siswa langsung dapat melihat hasil nilai ujiannya. Demikian pula guru, dapat langsung mengetahui secara real time setiap nilai siswa dan melakukan analisis soal apakah soal termasuk kategori mudah, sedang ataupun sulit. Sehingga gurupun dapat mengetahui bobot soal dan nilai yang pantas diberikan pada setiap soal. #Budi

Related posts