Pemberantasan Sarang Nyamuk Aktif Digaungkan Dinas Kesehatan Sragen

160514-Deman-berdarah-serang-warga-KaranggedeDinkes-siapkan-alat-fogging

SRAGEN – Meski mulai bulan Februari 2015 kemarin jumlah penderita demam berdarah sudah ada penurunan, namun Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen masih aktif menggerakkan tim untuk melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dijelaskan oleh Kasi Promosi Kesehatan Masyarakat Triyanta, SKM, MM bahwa sejak beberapa bulan lalu, setiap hari Jumat, di setiap Kecamatan se-Kabupaten Sragen selalu menerjunkan tim PSN. Hasil kegiatan PSN ini bisa dilihat dengan adanya penurunan jumlah penderita demam berdarah dari bulan Januari sampai bulan Februari lalu.

Hasil pantauan di lapangan di Dukuh Bulak Rejo Desa Tangkil Kec. Sragen kegiatan PSN diikuti oleh para PNS dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan tim dari Dinas Kesehatan. Selain itu juga terlihat beberapa orang dokter yang langsung memantau kegiatan PSN . Setiap tim akan melaporkan hasil kegiatan PSN dan nantinya akan menjadi bahan kajian untuk menentukan langkah selanjutnya.

Sementara hasil pemantauan kegiatan PSNÂ di Mojomulyo sragen, selain dikuti oleh tim dari berbagai SKPD juga terlihat para mahasiwa dari Akper / Akbid Yappi Sragen dan Bhakti Husada yang ikut serta dalam kegiatan PSN ini. Dijelaskan oleh Triyanta, kegiatan PSN ini diharapkan bisa merangsang masyarakat untuk melakukan PSN secara mandiri. Artinya secara intensif masyarakat diharapkan melakukan seperti kegiatan PSN di lingkungan rumahnya masing-masing.

Caranya tidak terlalu sulit, cukup melakukan kegiatan 3 M, yakni menguras, menutup dan mengubur benda-benda yang sekiranya bisa menjadi sarang nyamuk. “Saya harapkan masyarakat ikut sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan PSN secara mandiri, tanpa kerjasama dengan masyarakat, hasil PSN akan kurang maksimal,” jelas Triyanta. (wartaasri/Sragen)

Related posts