Bos CIA: Media Sosial Tingkatkan Terorisme

Brennan

Metrotvnews.com: Pemimpin CIA John Brennan mengatakan, teknologi yang terus berkembang dan maraknya media sosial menjadi penyebab ancaman keamanan yang dihadapi oleh dunia “meningkat secara drastis”.

Brennan menjadikan ISIS sebagai contoh. ISIS menggunakan berbagai teknologi baru untuk mengkoordinasi serangan, merekrut anggota baru, menyebarkan propaganda dan membuat orang-orang di seluruh dunia merasa simpati dengan perjuangan mereka.

Dia mengatakan, grup radikal ini telah memiliki anggota kurang lebih 20.000 orang yang tersebar pada 90 negara.

“Ancaman terorisme menjadi meningkat drastis karena teknologi yang ada sekarang ini menyebabkan batas-batas negara menjadi semakin kabur. Sebuah kejadian di satu negara dapat menyebabkan reaksi di negara lain pada belahan bumi lain; seorang ekstremis dapat membuka internet untuk mempelajari bagaimana caranya untuk melakukan serangan teror tanpa harus keluar dari rumah,” kata Brennan.

Contoh lain, kata dia, serangan pada majalah Charlie Hebdo di Prancis. Brennan merasa bahwa serangan tersebut adalah salah satu contoh lain bagaimana media sosial dapat membantu terjadinya serangan terorisme yang terdesentralisasi. (washingtontimes) – ABE

Related posts