Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Berbusana Jawa/Mataram

Yogyakarta – Kamis, 05 Februari 2015 LPPM BSI Yogyakarta kembali melaksanakan pengabdian masyarakat yaitu Pelatihan Berbusana Jawa/Mataram di Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah sebagai cara untuk berperan aktif mempromosikan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata, turut melestarikan budaya daerah yaitu dengan lebih mengenalkan Busana Jawa Mataram gaya Yogyakarta, dan mengasah pengetahuan dan kemampuan terhadap motif batik gaya Yogyakarta.
Pelatihan dimulai pukul 10.30 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB, diawali dengan penyampaian teori pengenalan motif batik dan busana/ Surjan gaya Yogyakarta beserta aksesorisnya. Kemudian pelatihan dengan mempraktekkan cara memiru kain, dilanjutkan dengan mengenakan berbusana Jawa Mataram gaya Yogyakarta serta praktek cara membawakannya diselingi Tanya-jawab. Peserta pelatihan merupakan warga desa Srimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara Kampus Bina Sarana Informatika dengan Desa Srimulyo Piyungan Bantul Yogyakarta, Menanamkan kecintaan akan budaya adiluhung Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah ketrampilan peserta pelatihan dalam penerapan berbusana Jawa Mataram gaya Yogyakarta dan juga untuk menumbuhkembangkan kembali kebudayaan daerah dengan menggerakkan akan peran dan fungsi perangkat desa sebagai pemangku kebudayaan diwilayah maisng-masing yang merupakan bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Related posts