PNS Boleh Kuliah

httppacitannews

Pacitan – Pemerintah Kabupaten Pacitan, memberikan kesempatan bagi para PNS yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya. Baik sarjana strata satu maupun paska sarjana (S2). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat, H. Fatkhur Rozi, mengatakan, bagi aparatur yang berkeinginan melanjutkan kuliah, diberikan kesempatan selebar-lebarnya. “Namun, semua itu ada aturannya,” katanya, Kamis (22/1).

Menurut Fathkur Rozi, aparatur yang hendak melanjutkan jenjang pendidikannya, baik sarjana S1 ataupun paska sarjana, terlebih dulu harus mendapatkan izin tertulis dari atasannya. Selain itu, selama melaksanakan izin belajar, tidak akan mengganggu tugas serta kinerjanya sebagai seorang PNS. “Aturannya, lokasi perkuliahan mereka bisa ditempuh maksimal selama 3 jam,” jelasnya.

Merunut aturan tersebut, tentu bagi PNS di Pacitan yang hendak mengajukan izin belajar, harus memperhatikan radius kampus tempat mereka menempuh bangku kuliah. Misalnya di Solo, Jogjakarta, Ponorogo, dan Madiun. “Diluar kota-kota tersebut kemungkinan tidak diperbolehkan. Sebab waktu tempuhnya lebih dari tiga jam,” bebernya.

Akan tetapi, lanjut dia, ketentuan tersebut tidak berlaku bagi mahasiswa universitas terbuka (UT). “Mereka tetap diakui, sekalipun lokasi kampusnya sangat jauh. Sebab poses perkuliahan di UT menggunakan sistem modul. Mahasiswa tidak diwajibkan datang ke kampus untuk mengikuti jam-jam perkuliahan,” pungkasnya. (yun).

Related posts