Pengaruh Narkoba, Sasar Generasi Muda

Narkotika

Pacitannews-Moralitas generasi muda bangsa terhadap pengaruh narkoba dan obat-obatan terlarang, sudah memasuki fase kritis. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pacitan, H. Soedjono, kemarin (15/1).

Menurut Soedjono, penggunaan obat-obatan terlarang diluar ketentuan, seperti halnya narkotika dan obat-obatan pshikotropika memang sudah banyak menyasar generasi muda. Bahkan menurut data, tidak sedikit anak-anak muda usia sekolah dan mahasiswa harus berurusan dengan hukum, lantaran terjerumus sebagai pengguna barang haram tersebut. “Kondisi ini memang sangat memprihatinkan. Sebagai orang tua, kita harus lebih intensif lagi mengawasi anak-anak kita, agar tidak terjerumus dijalan sesat,” kata Soedjono, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Pacitan itu.

Meski begitu, mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Pacitan tersebut menyatakan, secara umum, moralitas generasi bangsa di Pacitan, dinilai masih bagus. Mereka masih berpegang teguh pada norma-norma sosial, hukum, dan norma agama. Sekalipun tidak dia tampik, beberapa diantara mereka memang ada yang “terpeleset”. “Awalnya hanya coba-coba, namun jadi kecanduan. Ini persoalan krusial yang harus diantisipasi sejak dini,” pesan wabup.

Lebih lanjut, kakak ipar dari mantan Presiden RI, ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut menegaskan, stabilitas moral generasi muda di Pacitan, memang harus dibentengi dengan akhlak mulia dan bekal agama yang cukup. Sebab eksodusnya budaya “asing” ke Pacitan, diyakini sebagai “virus” yang mengancam moralitas anak bangsa. “Perhatian orang tua, juga sangat diperlukan dalam mendidik anak-anaknya,” tutup Soedjono. (yun).

Related posts