Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Singkong

Singkong adalah bahan makanan yang termasuk luwes, yaitu dapat diolah menjadi berbagai jenis penganan. Secara tradisional, singkong biasanya dibuat gethuk, keripik singkong, dan tape singkong. Singkong mengandung karbohidrat dan tinggi kalori, dari 100gram singkong dapat menghasilkan kalori sebesar 160 kalori.

Singkong atau kata orang biasa disebut ketela pohon atau bisa juga orang Jawa menyebut pohung merupakan bahan makanan yang mudah didapat dan cara membudidayakannya juga tidak terlalu sulit dan tidak memutuhkan air yang banyak. Bisa ditanam untuk selingan atau khusus ketela pohon. Hasilnya bisa diolah menjadi apa saja dan pasti mudah. Dari sejak digoreng, direbus, dibuat tape singkong, sawut, gemblong dan banyak lagi.
Menurut Nutrition and You, dibanding kentang, singkong mengandung kalori 2 x lipat lebih banyak. Singkong juga banyak mengandung vitamin B kompleks dan kelompok vitamin lainnya seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat.
Riboflavin adalah zat yang berguna untuk tubuh dalam membantu pertumbuhan dan memproduksi sel darah merah. Zat ini sangat cocok untuk yang sering mengalami kurang darah. Mineral – mineral yang sangat penting bagi tubuh ternyata juga banyak terdapat pada singkong. Seperti diantaranya seng, magnesium, tembaga dan besi. Jumlah kalium pada singkong ternyata cukup tinggi untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Kalium sangat baik untuk mencegah darah tinggi. Singkong ternyata lebih baik dibanding nasi, karena singkong memiliki sifat antikanker, antitumor dan meningkatkan nafsu makan. Singkong juga jauh lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes daripada nasi putih. Singkong dapat membantu mengatasi berbagai keluhan penyakit, seperti sakit kepala, rematik, diare, cacingan pada anak dan dapat meningkatkan stamina yang loyo karena kandungan kalorinya yang tinggi. Singkong merupakan makanan rendah lemak dan rendah kolesterol. Sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang diet.

Daun singkong juga baik karena rendah lemak jumlah gizi yang tinggi. Daun singkong muda juga mudah diolah menjadi sayuran untuk dikonsumsi. Daun singkong mempunyai vitamin B kompleks yang tinggi, vitamin dan mineral zat besi juga cukup tinggi.

Related posts