Jalin Kerjasama Dengan SMKN 1 Boyolali dan, SMK Smart IT Medan Rumah Produksi IntermediaSolo Siap Telurkan Lulusan Berkualitas

Setelah 1 bulan yang lalu Rumah Produksi IntermediaSolo dengan SMK N 1 Boyolali resmi menjalin menandatangani MoU. Dalam melaksanakan program pendidikan, para siswa program keahlian multimedia membuat produksi sinema dan film yang akan siap bersaing. SMK N 1 Boyolali selaku mitra resmi Rumah Produksi IntermediaSolo di bidang pendidikan, Rabu (14/1/2015) pagi. Kerjasama ini sebagai upaya penyiapan lulusan SMK yang siap menyongsong pasar bebas.

Nota kesepahaman atau MoU kerjasama ini diteken oleh Kepala SMK N 1 Boyolali 1 Bulan lalu oleh Drs. Kasiswo,ST,P,MM, Kasiswo dan Direktur IntermediaSolo, Bambang Eka Purnama,MKom di production house setempat.

Kepala SMK N 1 Boyolali melalui guru yang ditunjuk mengungkapkan, ada beberapa poin kesepakatan, di antaranya workshop pembuatan iklan, video klip news hingga pembuatan film.

“Ini langkah pengembangan kurikulum berbasis industri dan pelaksanaan praktek kerja industri (prakerin) serta diklat pengembangan kompetensi guru dan siswa,” katanya.

Kasiswo menambahkan, kerjasama SMK dengan pihak ketiga, adalah hal yang penting. Pasalnya, lulusan SMK dituntut siap di dunia kerja setelah mereka lulus nantinya.

IMG 2696

“Dengan adanya kerja sama ini, ia berharap untuk kedepan lulusan SMK SMK N 1 Boyolali mampu bersaing dengan lulusan SMK yang lain di era pasar bebas tahun 2015,”.

Sementara itu direktur IntermediaSolo Bambang Eka Purnama,Mkom memaparkan ia lebih mengarahkan siswa-siswi untuk kreatif dan inovatif serta mempunyai jiwa wirausaha. Pasalnya Siswa di tuntut menciptakan beberapa karya, seperti membangun website, iklan produksi hingga film yang nantinya akan di publish diwebsitenya sendiri. Di era pasar bebas seperti ini seorang siswa harus mampu mempunyai daya jual di insdustri nantinya setelah lulus.

“Siswa didorong belajar untuk mempraktikkan kewirausahaan. Kita terus merangsang siswa untuk bisa berinisiatif mengembangkan usaha yang potensial untuk kebutuhan sebua industri:, jelas Bambang saat ditemui di Rumah Produksinya (14/1/2015).

Dalam prakerin tersebut SMK N 1 Boyolali juga bekerjasama dengan SMK Smart IT Medan yang sebelumnya sudah menjalin kerjasama dengan pihak intermediaSolo. Kerjasama dua sekolah tersebut diharapkan dapat mempersiapkan siswa-siswi yang dibutuhkan industri.#Gilang

Related posts