Tekankan Budaya Kecil Menanam, Besar Memanen

Menanam 2

Pacitannews-Kerusakan hutan yang mengakibatkan emisi rumah kaca, juga menjadi atensi tersendiri bagi Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY), saat berkunjung ke Pacitan, kemarin (7/12). Pada kesempatan mendatangi SD Alam, bungsu mantan Presiden RI ke-enam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengajak anak-anak siswa didik gemar menanam. Sebagai manifestasi dari keinginannya itu, Ibas, begitu Edhie Baskoro Yudhoyono, akrab disapa, berkenan berkebun dan menanam beberapa batang pohon bersama sejumlah siswa didik. Pada kesempatan tersebut, Bupati Pacitan, H. Indartato, beserta Ketua DPRD, Ronny Wahyono, dan Ketua Fraksi Partai Demokrat, DPRD Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji, ikut bersama menanam beberapa batang pohon dengan Ibas. “Kami berharap, agar kesadaran menanam bisa diikuti anak didik kita,” ujarnya.

Ibas mengatakan, kecil menanam, besar memanen, diharapkan bisa terus digalakan. Sebab belakangan, kerusakan lingkungan, khususnya hutan-hutan tropis di Indonesia terus meluas. Sebab itu, dengan kesadaran menanam sejak kecil, setidaknya akan membantu menekan kerusakan hutan di negara ini. “Kita tahu, belakangan seringkali terjadi salah musim. Saat musim kemarau, justru curah hujan kian lebat. Begitupun sebaliknya. Disaat musim penghujan, kemarau semakin panjang,” tuturnya.

Selain concern dengan lingkungan hutan, Ibas juga tertarik dengan konservasi terumbu karang yang tengah dirintis Pemkab Pacitan, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Sebagaimana diketahui, potensi terumbu karang diperairan Pacitan, memang relative kecil. Kalaupun ada, hanya spot-spot kecil yang tersebar secara sporadis. Meski begitu, DKP terus berupaya keras, agar potensi minimal itu bisa terus dikembangkan. Bahkan untuk menciptakan wisata air, perlu dilakukan pengembangan terumbu karang buatan seperti yang sudah dilaksanakan di perairan Denpasar, Bali. “Kami berharap potensi itu bisa terus dikembangkan. Agar wisata di Pacitan semakin lengkap,” cetus Ibas, yang kemarin juga berkesempatan turun ke laut bersama sejumlah nelayan. (yun).

Related posts