Pembangunan Sumur Bor, Dibatalkan

Sumur Bor

Pacitannews-Rencana pembuatan sumur bor di Dusun Kwangen, Desa Cokrokembang sebagai upaya pemulihan sumber air yang terdampak limbah tambang, akhirnya tidak menemui titik temu. Sejumlah warga tetap ngotot agar rencana tersebut tidak direalisasikan. Mereka mengaku khawatir, dengan dibangunnya sumur bor, sumur-sumur warga lainnya akan mampet tak berfungsi. Sementara dilain pihak, para petani pemilik lahan persawahan, sangat membutuhkan sumber air untuk mengairi persawahannya. Sebab mereka tidak akan mungkin menggunakan air kali yang sudah terpapar logam berat untuk mengairi sawah. “Semua sudah kita upayakan, berembug dengan warga dengan difasilitasi kepala desa, camat, serta muspika. Akan tetapi tidak membuahkan hasil. Mereka tetap menolak pembangunan sumur tersebut,” kata Tulus Pujiono, Ketua Kelompok Tani Rukun Makmur I, Desa Cokrokembang, Minggu (21/12).

Dia mengungkapkan, warga yang kontra dengan pembangunan sumur bor, meminta agar pemerintah desa memulai rencana kerjasama dengan PT. Gemah Limpah Internusa (GLI) selaku perusahaan yang akan mendanai proyek tersebut, dari awal. Artinya, warga menginginkan ada sosialisasi sebelum perusahaan yang berkantor pusat di Beijing itu meneruskan rencana pembuatan sumur bor. Selain itu, dinas teknis diharapkan juga turun lapangan memberikan penyuluhan, kalau pembuatan sumur bor nantinya tidak akan berdampak mampetnya sumur warga lainnya. “Warga berharap ada proses dari awal,” jelasnya, kemarin.

Sebagaimana pernah diberitakan, sejumlah warga sempat menolak rencana pembuatan sumur bor oleh PT. GLI. Menyikapi persoalan tersebut, Bupati Indartato, memerintahkan camat dan jajaran terkaitnya untuk melakukan koordinasi dengan warga. Akan tetapi upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Dua kali dilakukan pertemuan, namun tetap saja dead lock tidak ada kata mufakat. Sementara itu, lantaran tidak ada kesepahaman, PT. GLI langsung menarik semua material dan peralatan dari lokasi. Termasuk tenaga teknis yang didatangkan dari China, juga akan dipulangkan. (yun).

Related posts