Patung Terbesar di Kabupaten Karanganyar, Juga Taman Rekreasi Gratis di karanganyar

 

Karanganyar – Taman gratis ini gampang ditemukan lantaran Patung Semar yang berukuran besar. Letaknya di kawasan Karang Pandan, yang pasti terlewati jika kita melintasi jalan raya dari Solo ke Tawangmangu, Karanganyar. Saat liburan, taman ini kebanjiran pengunjung.

Di Wilayah Solo sendiri mempunyai banyak destinasi wisata, termasuk di kabupatennya. Di Kabupaten Karanganyar terdapat Taman Semar yang punya patung Semar raksasa. tepat Letaknya di jalan menuju Tawangmangu. Patung Semar ini dibangun pada tahun 1982, dan Taman Semar ini ada 3 macam nama yaitu: Brojonoyo, Esmoyo dan Semar. Dimana dari nama patung – patung ini diberi makna masing – masing. Brojonoyo ini patung yang dimana saat waktu awalnya belum ada umat. dan Patung Semar ini dimiliki oleh Kia’i Brojonoyo yang mempunyai Periasa Seluma Tanah.

Mbah Suwadi (84) selaku penjaga Patung Semar menjelaskan, Semar adalah seorang penasehat Ksatria dalam kisah pewayangan Mahabarata. Wisatawan ini bisa mengambil gambar berlatar patung Semar raksasa. Panorama di sekitarnya cukup indah. Taman yang luas bisa dijadikan tempat untuk beristirahat.

Di kota Solo ini banyak tempat wisata. Untuk menuju Tawang Mangu di sepanjang jalan akan di suguhi pemandangan alam yang indah.

Seiring datangnya musim liburan tahun baru 1 Muharam 1435 H, sebanyak 2.000-an wisatawan domestik menyerbu objek wisata di Tawangmangu. Jumlah kunjungan wisatawan tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa yang hanya mencapai 100-an orang. Meski mengalami lonjakan wisatawan, arus lalu-lintas di Tawangmangu tergolong lancar. Suwadi Mengatakan. “Setiap pengunjung yang melalui pos retribusi diwajibkan membayar retribusi. Kalau sepeda motor senilai Rp1.000, sedangkan mobil senilai Rp5.000. Hal ini sudah sesuai Perda No. 5 Tahun 2007 tentang Retribusi Masuk Kawasan Tawangmangu. Agar tak kehabisan stok tiket retribusi, kami menyiapkan total 10.000 tiket masuk,”#Puspita

Related posts