Pacitan Terdampak Badai Philipina

Badai 2

Musim penghujan, memang identik dengan bencana. Karena itu, masyarakat diimbau lebih waspada. Terlebih mereka yang berdiam diri diwilayah perbukitan atau titik-titik lokasi rawan longsor. Didit Maryanto, Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, mengatakan, selain bencana tanah longsor, kondisi cuaca di Pacitan, juga tidak menentu. Menurutnya, fenomena tersebut merupakan dampak dari badai siklon tropis yang melanda Philipina. “Hal itu terlihat dari intensitas hujan yang sangat deras dalam waktu relatif singkat,” jelasnya, Kamis (11/12).

Lebih lanjut, Didit mengatakan, siklon tropis tersebut berawal dari angin yang sangat kuat dari dua wilayah di Australia yang mengarah ke Philipina. “Siklon tropis tersebut mengakibatkan terjadinya hujan deras dengan intensitas tinggi namun dalam waktu singkat,” terang dia, kemarin.

Kondisi ini dipastikan secara bertahap akan kembali stabil dan tidak berbahaya. Dimusim penghujan seperti sekarang, seharusnya Kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa itu mengalami hujan berjenis ringan sedang. (yun).

Related posts