OPRB Kabupaten Boyolali melakukan gerakan menanam 1000 pohon dikawasan hutan lereng merapi

 

Boyolali- sedikitnya 30 relawan yang bergabung dalam organisasi pengurangan resiko bencana OPRB Kabupaten Boyolali melakukan gerakan menanam 1000 pohon dikawasan hutan gunung Bipi lereng merapi kecamatan Selo. Penanaman pohon dilakukan guna menanggulangi ribuan ekor kera Merapi menyerbu lahan pertanian warga yang hingga saat ini terus terjadi.

Akibat hal ini warga resa karena tanaman rusak dimakan kera sehingga gagal panen, salah satu anggota OPRB Boyolali Maryono mengatakan “bibit buah- buahan seperti jambu, talok dan alpukat ditanam sengaja untuk hewan tersebut. Agar tidak terus- menerus menyerbu tanaman petani selain itu dilanjutkan kesadaran masyarakat setempat tidak menggundul hutan dan ikut menjaga kelestarian alam.

OPRB mengatakan suatu kegiatan juga untuk memancing warga masyarakat setempat agar satu tidak melakukan apa yang terjadi disana untuk penggundulan tanaman dan lain- lain ataupun seenaknya diri sendiri. dikatakan lebih lanjut upaya reboisasi dilakukan guna penanggulan erosi dan menjaga kelestarian sumber air yang berada di gunung.#Hariyanto

Related posts