Usus Buntu Meskipun Buntu Tetap Harus Terpelihara Dengan Baik

Usus Buntu

Usus buntu adalah berupa sebuah kantong kecil seperti jari yang melekat di usus besar. Sedangkan penyakit yang dinamakan usus buntu, yaitu kondisi saat terjadi peradangan pada daerah itu. Gejala yang dirasakan adalah rasa tidak nyaman dan sakit di sekitar pusar dan menjalar hingga ke perut bagian kanan (bawah).
Radang usus buntu seringkali berkaitan dengan penyumbatan bagian dalam usus buntu, yang dikenal sebagai lumen. Penyumbatan penyumbatan bagian dalam usus buntu tersebut menyebabkan tekanan meningkat, aliran darah terganggu, dan peradangan. Penyumbatan yang mengakibatkan infeksi itu disebabkan oleh bakteri, penyumbatan atau obstruksi appendiks yang diakibatkan oleh timbunan tinja/feces yang keras (fekalit), hyperplasia (pembesaran) yang terjadi pada jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing dalam tubuh, kanker primer dan striktur.
Untuk mengindikasi adanya usus buntu, letakan 3 jari di sebelah kanan dari pangkal pinggang, kemudian angkat kaki kanan. Jika saat mengangkat kaki itu terasa sakit dan perih di sebelah kanan, maka dapat diwaspadai itu gejala radang usus buntu. Radang usus buntu, biasanya diatasi dengan cara pembedahan

Related posts