Tomcat Serangga Kecil Berbahaya Merusak Kulit dan Melepuh

Tomcat

Surakarta – (22/10/2014) Serangan dari serangga Tomcat kini muncul lagi di daerah Dusun Ngledok, Surakarta. Tomcat merupakan jenis serangga yang disebut juga sebagai kumbang rove dan merupakan jenis tomcat Paederus Littoralis. Serangga tomcat ini memiliki racun yang cukup mengerikan walau tidak sampai membunuh korbannya, tetapi racunnya bisa menimbul kan luka bakar pada kulit. Kulit yang terkena racun dari tomcat tersebut akan memerah dan terasa gatal kemudian menjadi melepuh.
Septian yang merupakan salah seorang warga dari Dusun Ngledok mengatakan, dalam beberapa minggu terakhir ini, serangga tomcat semakin sering di jumpai di rumah-rumah warga sekitar dan biasanya sarangnya berada di langit-langit rumah dan tanaman-tanaman yang sudah tidak terawat. Tomcat tersebut pun membuat resah warga setempat karena tidak tahan dengan racun yang disebabkan oleh serangga tomcat dan juga sudah banyak yang menjadi korban dari racun tomcat tersebut.
“ya ada, kemarin itu saya di warung di tanya-tanya. Ternyata sama juga, bukan hanya saya juga yang kena tomcatnya gitu. Warga sekitar juga kena juga ternyata, ya salah satunya kayak saya juga. Kalau saya sih kemarin ya pakai salep aja, macam salep obat luka terbakar, Alhamdulillah ya bisa kering juga ya mmembekas kayak gini.”
Septian juga mengatakan untuk mencegah tomcatnya semakin banyak, supaya membersihkan langit-langit dan tanaman yang berada di sekitar rumah. Untuk mencegah agar lukanya tidak semakin parah, bisa di oleskan dengan minyak goreng yang sudah di campur dengan garam ke daerah kulit yang terkena racun dari serangga tomcat tersebut. #Aldo

Related posts