Pusat Kegiatan Belajar Cimalaka Diresmikan

PKBM DIgital Seamolec

PKBM adalah kepanjangan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PKBM adalah lembaga yang dibentuk oleh masyarakat untuk masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan. PKBM ini masih berada di bawah pengawasan dan bimbingan dari Dinas Pendidikan Nasional. Level PKBM bisa berupa tingkat desa ataupun kecamatan. untuk mendirikan PKBM bisa dari unsur apapun oleh siapapun yang tentunya telah memenuhi syarat-syarat kelembagaan antara lain Akta Notaris, NPWP, Susunan Badan pengurus, Sekretariat dan Ijin Operasional dari Dinas Pendidikan Kab/kota.
Cakupan kegiatannya antara lain adalah Kejar Paket A, Kejar Paket B, Kejar Paket C, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), KBU (Kelompk Belajar Usaha), KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif), Pemberdayaan Perempuan, Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa
Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan).
Hari ini secara resmi dilakukan Peresmian modeling PKBM digital di kecamatan Cimalaka Sumendangdirumpin Albarokah. EEN guru inspirator untuk kemajuan pendidikan bersinergi antara Diknas Kabupaten, SEAMOLEC dan UPI Bandung. DR. Gatot Hari Priyowirjanto DIrektur Seamolec berharap semoga langkah awal ini bisa menyambungkan 26 PKBM di kecamatan Sumedang dan yang lainnya.

Related posts