Krupuk Temulawak Hasil Hibah PKM STKIP PGRI Pacitan UNtuk Kemanfaatan Umat

Krupuk Temulawak PKM STKIP PGRI Pacitan

Pacitan – Kampus adalah sumber ilmu pengetahuan sedang industri adalah sumber pendanaan begitu kata sebagian orang. Dalam kehidupan seandainya 2 lembaga ini bisa bersinergi maka akan sangat ideal sekali. Untuk itulah berbagai hibah dari negara banyak dikucurkan kepada kampus untuk mendorong kedua belah fihak.
STKIP PGRI Pacitan adalah salah satu kampus yang peduli dengan industri kecil lokal Pacitan. DR. Mukodi memaparkan bahwa STKIP PGRI Pacitan mendapatkan hibah PKM Kewirausahaan yang hasilnya adalah krupuk temulawak. Krupuk ini sangat berbeda dengan krupuk biasanya yang terbuat dari gandum namun hasil PKM ini ada temulawak dengan porsi yang lebih dominan sehingga khas sekali. Dari sisi kesehatan sangat higienis dan bermanfaat untuk perikan pencernaan.
Awalnya fihak STKIP memberikan arahan kepada mahasiswa untuk melakukan pemetaan berbagai temulawak diberbagai lokasi yang biasanya hanya berfungsi sebagai jamu dan harganya yang rendah. Kemudian fihak tim kampus berfikir untuk membuat inovasi agar temulawak ini bisa menjadi lebih bermanfaat. Pendanaan yang diperoleh lebih dari Rp juta dari DIKTI. Pengembangannya oleh mahasiswa sendiri sampai sekarang sudah merambah dibanyak warung. Mukodi masih akan berinovasi berkaitan dengan PKM untuk mahasiswa. #Eka

Related posts