UI Luluskan 7887 Wisudawan

UI Luluskan 7887 Wisudawan

Pada 29—30 Agustus 2014, Pejabat Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Anis, M.Met., memimpin upacara wisuda dengan total wisudawan dari jenjang D3 sampai S3 sebanyak 7887 wisudawan.

Sebanyak 682 wisudawan program Sarjana Reguler berhasil mendapatkan predikat cum laude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi 3,95 diraih oleh Ashar Fuadi dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Program Studi Ilmu Komputer. Sementara itu, pada program Sarjana Kelas Internasional, predikat cum laude diraih oleh 12 wisudawan dengan IPK tertinggi diraih oleh Andrea Betarani Vincita dari Fasilkom, Program Studi Ilmu Komputer dengan nilai IPK 3,97.

Upacara wisuda pada Sabtu, 30 Agustus 2014 pagi dihadiri oleh 3119 Wisudawan yang terdiri atas 392 wisudawan Program Profesi, 369 wisudawan Program Spesialis, 2204 wisudawan Program Magister, dan 154 wisudawan Program Doktor. Sebanyak 124 wisudawan Program Profesi mendapatkan predikat cum laude dengan IPK tertinggi 3,87 diraih oleh Very Unggul Permatasari dari Fakultas Ilmu Keperawatam (FIK).

Lulusan termuda Program Profesi adalah Rafika Fathni dengan IPK 3,61. Rafika berhasil menyelesaikan studinya di Fakultas Farmasi pada usia 20 tahun 11 bulan. Selanjutnya, sebanyak 48 wisudawan Program Spesialis berhasil meraih predikat cum laude dengan IPK sempurna (IPK 4) diraih oleh enam wisudawan dari Fakultas Ilmu Keperawatan. Keenam wisudawan tersebut adalah Abdul Jalil, Reni Nuryani, Windy Natasya, Rita Dewi Sunarno, Jum Natosba, dan Aryanti Wardiyah.

Sementara itu, sebanyak 466 wisudawan Program Magister meraih predikat cum laude dengan IPK 4 berhasil diraih oleh sembilan wisudawan. Empat diantaranya berasal dari Fakultas Teknik, yaitu Davin Philo, Arry Rahmawan Destyanto, Marathur Butar Butar, dan Arya Chunata. Dua wisudawan lainnya berasal Fakultas Ekonomi, yaitu Rahardian Ludhira N. dan Mutia Imro Atussoleha, serta tiga wisudawan dari Fakultas Ilmu Komputer, yaitu Bilih Priyogi, Robeth Rahmatullah, dan Remmy Augusta Menzata. Sementara itu, pada Program Doktor terdapat 14 wisudawan yang mendapatkan predikat cum laude dengan IPK tertinggi (IPK 4) diperoleh Wayan Nata Septiadi dari Fakultas Teknik.

Pada siang harinya, upacara wisuda dihadiri oleh 1823 wisudawan yang terdiri atas 895 wisudawan program Vokasi/Diploma, 541 wisudawan Sarjana Kelas Paralel, dan 388 wisudawan Sarjana Ekstensi. Sebanyak 190 wisudawan dari Program Vokasi dan 31 wisudawan dari Program Sarjana Kelas Paralel mendapatkan predikat cum laude. Sementara itu, pada upacara wisuda Jumat, 29 Agustus 2014, jumlah total wisudawan sarjana dari program Reguler dan Kelas Internasional (KKI) adalah sebanyak 2.944 wisudawan yang terdiri atas 2.777 wisudawan program Sarjana Reguler dan 167 wisudawan Sarjana Kelas Internasional.

Dalam sambutannya, Prof. Muhammad Anis antara lain memaparkan prestasi-prestasi yang diraih dosen dan mahasiswa UI pada kancah nasional maupun internasional di tahun 2014. Prestasi tersebut antara lain terpilihnya Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, M.Kom., dosen dari Fakultas Ilmu Komputer yang dinobatkan sebagai Duta Iptek oleh Kementerian Riset dan Teknologi RI. Prestasi lainnya, Andhika Putra Sudarman, mahasiswa Fakultas Hukum UI, berhasil unggul menjadi Mahasiswa Berprestasi Utama Tingkat Nasional.

Tak hanya itu, delegasi mahasiswa UI juga berhasil menjadi juara umum pada ajang internasional, simulasi sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) The European International Model United Nations (TEIMUN) 2014. Lebih lanjut, ia berharap agar lulusan UI dapat mengamalkan ilmu dalam profesinya masing-masing secara bertanggung jawab serta mengangkat nama baik UI dalam berkontribusi membangun peradaban yang lebih baik. (KHN/WND)

Related posts