Prof Ucok Zainal Arifin Hasibuan Menjabat Ketua BSNP Pada Sidang Pleno Pertama

Prof Ucok dan Prof Eko

Jakarta – Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merupakan lembaga mandiri, profesional dan independen yang mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan. BSNP mempunyai Tugas dan Kewenangan membantu Menteri Pendidikan Nasional dan memiliki kewenangan untuk Mengembangkan Standar Nasional Pendidikan, Menyelenggarakan ujian nasional, Memberikan rekomendasi kepada Pemerintah dan pemerintah daerah dalam penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan, Merumuskan kriteria kelulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah, Menilai kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafikaan buku teks pelajaran.
Standar yang dikembangkan oleh BSNP berlaku efektif dan mengikat semua satuan pendidikan secara nasional. BSNP dipimpin oleh seorang ketua dan seorang sekretaris yang dipilih oleh dan dari anggota atas dasar suara terbanyak. Dalam menjalankan tugasnya, BSNP didukung oleh sebuah sekretariat yang secara ex-officio diketuai oleh pejabat Departemen Pedidikan Nasional (Depdiknas) yang ditunjuk oleh Mendiknas. BSNP dapat menunjuk tim-tim ahli yang bersifat adhoc sesuai kebutuhan.
BSNP didukung dan berkoordinasi dengan Depdiknas dan departemen yang menangani urusan pemerintahan di bidang agama dan dinasyang menangani pendidikan di provinsi/kabupaten/kota.
Ketua dan Sekretaris yang sebelumnya dipegang oleh Prof.Dr. M. Aman Wiirakartakusuma, M.Sc dan Prof.Dr. Richardus Eko Indrajit sebagai sekrearis.
Kamis (14/8/2014) kemarin Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengukuhkan 11 orang anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) periode 2014-2018. Mereka menggantikan anggota BSNP periode 2009-2013 yang telah habis masa jabatannya. M. Nuh mengatakan, pengangkatan anggota BSNP merupakan amanat Pasal 73 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
M Nuh yang pernah menjabat sebagai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu menyampaikan rasa terima kasih kepada para anggota BSNP periode sebelumnya. Nuh mengapresiasi dedikasi dan prestasi mereka dalam rangka menjaga pendidikan Indonesia.
Adapun nama ke-11 orang anggota BSNP periode 2014-2018 tersebut, yaitu Dr. Ir. Kiki Yulianti, Bambang Suryadi, Dr. Nanang Arif Guntoro, Prof. Dr. Zaki Su’ud, dan Dr. Khomsiah. Selain itu, anggota BSNP lainnya adalah Prof. Dr. Zainal Arifin Hasibuan, Dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, Teuku Ramli Zakaria, Prof. Dr. Ir. Erika Budiarti Laconi, Prof. Dr. Ipung Yuwono dan Ir. Djoko Luknanto
Prof DR. Eko Indrajit atas nama pribadi dan Pengurus Pusat Aptikom, mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Sekjen tercinta kita Prof. Zainal A. Hasibuan sebagai anggota Badan Standar Nasional Pendidikan periode ketiga untuk tahun 2014-2019 dan terpilihnya beliau sebagai Ketua BSNP dalam rapat pleno pertama. Prof Eko yang juga ketua APTIKOM 2 periode ini mengucapkan selamat atas nama anggota merangkap sekretaris BSNP periode yang lalu telah purna bakti dan mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh rekan – rekan Aptikom dalam mensukseskan berbagai aktivitas kegiatan BSNP selama ini, terutama karena selalu diundang sharing pada saat Rakornas dan Munas Aptikom. Selamat bertugas pak Ucok tercinta. Semoga dunia pendidikan di Indonesia tambah maju dan Aptikom semakin jaya tuturnya. #Eka

Related posts