Pengabdian Masyarakat: Pelatihan Manajemen Arsip Untuk Perangkat Desa Wringinputih

Yogyakarta – Kamis, 21 Agustus 2014 LPPM BSI Yogyakarta kembali melaksanakan pengabdian masyarakat dengan nama Pengabdian Masyarakat Pelatihan Manajemen Arsip Untuk Perangkat Desa Wringinputih Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Budaya Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang yang diikuti oleh semua Perangkat Desa Wringinputih. Tujuan dari diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk membekali para perangkat desa agar mampu secara ilmu dan terampil dalam mengelola arsip di Kantor Desa Wringinputih, Borobudur dan mengenalkan perangkat teknologi sebagai sarana pengelolaan arsip untuk menunjang pelayanan masyarakat secara cepat dan tepat.
Pelatihan dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB. Tutor dalam pelatihan tersebut antara lain Bapak Wisnu Hadi, S.Pd, MM, Bapak Atun Yulianto, S.E, MM , Ibu Heni Wiidyaningsih, S.Pd, M,M.Par dan Bapak Pudji Widodo, M.Kom. Acara dimulai dengan presentasi atau pemaparan tentang Administrasi Kearsipan Pemerintah Desa dimana perangkat desa dengan antusias menyimak materi tersebut. Tutor atau Narasumber memberikan kiat-kiat bagaimana mengelola arsip yang baik dan benar. Sesi kedua Presentasi Penggunaan Komputer Sebagai Sarana Pengelolaan Arsip untuk menunjang pelayanan sehari-hari bagi masyarakat. Di akhir acara dilanjutkan tanya jawab antara tutor dengan perangkat desa dimana mereka ingin tahu bagaimana cara menyusutkan arsip apabila sudah tidak digunakan lagi. Dan pemanfaatan sarana kearsipan seperti komputer.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan baik antara Kampus Bina Sarana Informatika dengan Desa Wringinputih dan wawasan perangkat Desa Wringinputih mengenai manajemen arsip bertambah.

Related posts