Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru UGM Membentuk Karakter Mahasiswa

PPSMB UGM

Yogyakarta – PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru ) adalah kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus (OSPEK) yang ada di UGM. PPSMB UGM tahun 2014 dibagi menjadi 3 yaitu PPSMB Universitas, PPSMB Fakultas dan PPSMB Jurusan.
Di kegiatan yang dilaksanakan selama seminggu dari tanggal 18-24 Agustus ini, mahasiswa baru mendapatkan pembelajaran mengenai paket UGM, sarana dan prasarana, bahaya narkoba dan rokok, berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada dan masih banyak lagi materi yang akan dibahas pada PPSMB universitas. Saat dibawa ke fakultas kegiatan PPSMB, ada PPSMB fakultas yang mempunyai nama beda – beda tiap fakultasnya. Dari penjelasan senior dan pemandu, kegiatan ini akan mengasah kemampuan calon mahasiswa UGM dalam berkelompok dan bekerja sama dalam suatu tim. Kemudian ada kegiatan softskill yang mempelajari mengembangkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa, beserta pembelajaran mengenai kewirausahaan.
Pada saat penutupan semua maba membuat formasi Indonesia di depan Graha Sabha Pramana. Kegiatan PPSMB yang diadakan UGM sama sekali bukan merupakan kegiatan kekerasan ataupun balas dendam senior kepada juniornya, melainkan kegiatan ini berfungsi untuk mengasah kepribadian mahasiswa baru, karena akan merasakan sesuatu yang berbeda, yaitu dari jenjang SMA ke Perkuliahan.
Dilihat dari tugas-tugas yang diberikan, PPSMB menambahkan wawasan baru seputar UGM dan sarana prasarananya, budaya-budaya di Jogja, melatih disiplin waktu, komunikasi dan keberanian. Menambah kenalan antar sesama mahasiswa UGM yang bahkan berbeda fakultas ataupun jurusan. Mengenalkan kondisi sosial di kampus bakalan seperti apa? Mengenalkan sistem perkuliahan.
Yang pasti intinya PPSMB diadakan agar mahasiswa siap menghadapi dunia perkuliahaan agar bisa tetap survive nantinya.

Related posts