Pasca Libur Lebaran, Jumlah Pasien Puskesmas Membludak

puskesmas

Karanganyar – Hari pertama masuk kerja, pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di kedatangan sekitar 150 pasien yang berobat. Rata-rata mereka mengalami gangguan kesehatan berupa batuk, pilek, dan diare.

Salah seorang ibu rumah tangga warga Malangjiwan Colomadu, Martini (32) bersama suaminya untuk berobat mengaku, sudah dua hari mengalami batuk dan pilek. Sebelum dibawa ke Puskesmas , ia tersebut hanya membeli obat batuk dan pilek di warung dekat rumahnya.

“Karena tak kunjung sembuh, dia ke Puskesmas. Saya tidak tahu kalau hari Rabu kemarin puskesmas sudah mulai buka (30/7/2014). Ungkapnya

Staf Tata Usaha Puskesmas I Colomadu, Sri Wahyuni mengatakan, pasien yang berobat mencapai 150 orang lebih. Padahal jumlah pasien pada hari biasa hanya berkisar antara 50 hingga 80 per harinya. Menurutnya lonjakan pasien dikarenakan masyarakat tidak tahu jika Rabu pekan lalu Puskesmas sudah buka melayani pasien.

Menurut Yuni, lonjakan pasien tersebut mulai terjadi H-2 Lebaran, dokter, dan poliklinik tutup mulai Sabtu-Jumat (26/7/2014-1/8/2014) setelah lebaran. “Puskesmas nonrawat inap kebetulan Minggu tutup. Selain itu, poliklinik dan dokter juga tutup,” imbuhnya.

ditempat yang sama Bagus Irawan (46) selaku petugas keamanan menuturkan “Dari pagi hingga siang ini pasien yang berobat ke Puskesmas sampai 70 orang. Padahal biasanya pada jam yang sama jumlah pasien hanya sekitar 25 orang. Setiap hari kami biasa menerima paling sekitar 50 pasien/hari,” tutur Bagus, Senin siang (4/8/2014).#Gilang

Related posts