Ali Ridho Dosen UIN Malang Lulus Doktor di UGM

Ali Ridho UIN Malang Lulus Doktor UGM

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, Ali RidhDosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang, Ali Ridho, M.Si., berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Psikologi UGM, Rabu (27/8). Pria kelahiran Pati, 36 tahun lalu ini dinyatakan lulus pada ujian promosi doktor usai mempertahankan disertasi berjul “Differential Item Functioning Pada Tes Multidimensi”.
Bertindak sebagai promotor Prof. Dr. Saifuddin Azwar, M.A.Sementara ko-promotor oleh Prof. Djemari Mardapi., M.Pd., Ph.D.
Dalam kesempatan itu Ali memaparkan bahwa hasil penelitian tentang Differential Item Funtioning (DIF) yang dilakukan pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (SPMB-PTAIN) tahun 2012. Penelitian difokuskan pada mata uji potensi akademik.
Dari eksplorasi dengan instrumen DIMTEST, DETECT, dan HCA/CCPROX diketahui respon peserta tes terhadap tes potensi akademik bersifatmultidimensi. Adapun struktur dimensi yang terbentuk dalam tes potensi akademik ini bersifat sederhana yang hanya terdiri dari empat dimensi yaitu kosakata, verbal, kuantitatif, dan simbol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa DIF multidimensi terjadi pada sembilan aitem dalam masing-masing komponen analogi, analitik, aritmatika, dan geometri yang menguntungkan laki-laki. Sedangkan terdapat tujuh aitem pada komponen aritmatika dan komparasi yang menguntungkan perempuan. Lalu lima pada komponen analogis, logis, dan aritmatika yang emnguntungkan semua siswa lulusan SMA.
“Sementara itu adanya perbedaan multidimensionalitas antara kelompok fokal dan referensi tidak memicu munculnya DIF pada aitem. Kemudian pada aitem-aitem yang terdeteksi DIF multidimensi mempunyai karakteristik sensitivitas daya beda yang tidak sama pada kelompok fokal dan referensi,”urainya. (Humas UGM/Ika)

Related posts