Taman Satwa Taru Jurug Datangkan 5 Pakar Hewan dari UGM dan Dokter Senior dari Gembira Loka Jogjakarta

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menyesalkan kelambanan Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) TSTJ dalam menanggapi masalah kebun binatang Jurug. Dia dan jajarannya dianggap kurang teliti terhadap kondisi kesehatan satwa koleksi kebun binatang saat dititipkan ke TSTJ.

Guna menindaklanjuti pernyataan Hadi, Direktur TSTJ Lilik Kristianto sengaja melibatkan 5 pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mengungkap kematian binatang koleksi TSTJ.

Selain menatangkan 5 pakar dari Universitas Gadjah Mada (UGM)Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) juga akan melibatkan dokter senior dari Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta guna mengungkap penyebab kematian satwa. Kelima pakar tersebut antara lain pakar satwa liar, patologi, mikrobiologi, parasitologi dan laboratorium.

Direktur TSTJ Lilik Kristianto memaparkan keterlibatan pakar UGM dan dokter tersebut merupakan bentuk keseriusan pihaknya, responsibilitas, akuntabilitas serta transparansi terhadap pengungkapan penyebab kematian satwa koleksi TSTJ. “Kami memang sengaja melibatkan mereka untuk mengungkap kematian binatang koleksi TSTJ. Soalnya 6 bulan terakhir ada 4 satwa yang mati,” jelasnya.

Selain berjanji akan menghentikan penitipan hewan dari masyarakat maupun dari pihak luar, Lili juga menjelaskan kelima pakar tersebut akan melakukan pengecekan kondisi air di telaga TSTJ, lingkungan, dan kondisi kandang binatang yang ada. Karena pihaknya menengarai unsur itu bisa menjadi penyebab dari pada kematian hewan tersebut..

Lilik mengatakan TSTJ memiliki program pembangunan jangka panjang, sebagai upaya untuk memberikan fasilitas yang representatif bagi koleksi satwa. Lilik menganggarkan dana sebesar Rp12 miliar, untuk 5 tahun ke depan. Kita fokus pada perbaikan 30 kandang yang rusak dan tidak layak. Pihaknya telah melakukan perbaikan sebanyak 30 kandang satwa koleksi dengan menyiapkan anggaran sebanyak Rp 447 juta. Harapannya 5 tahun ke depan semua fasilitas TSTJ sudah lengkap,” pungkasnya.#Gilang

Related posts