Syarat Wajib Puasa Ramadhan

Yang diwajibkan berpuasa adalah orang Islam, Baligh, Berakal, Mukim (tidak sedang dalam perjalanan), Kuat/sanggup
Syarat Sah Puasa. Suci dari haid (menstruasi) dan nifas (baru melahirkan), Berpuasa pada waktunya, yakni mengetahui waktu masuknya Ramadhan dengan rukyat (melihat bulan sabit; cukup terlihat oleh suatu kaum/negeri, maka seluruh umat Islam di dunia wajib berpuasa). Niat (setiap malam sebelum fajar terbit), Imsak, yakni menahan diri dari makan, minum, serta hubungan seks sejak terbit fajar hingga terbenam matahari

Waktu Berpuasa
Perintah puasa Ramadhan adalah sejak terbit benang putih (fajar shadiq) hingga terbenam matahari.

Hal-hal yang Membatalkan Puasa
Makan dan minum dengan disengaja (termasuk merokok, infus dan lainnya), Bersenggama (termasuk masturbasi/onani), Muntah dengan sengaja, Perempuan haid atau melahirkan ketika bulan Ramadhan, Orang yang sedang berpuasa tetapi kemudian ia terserang ayan (epilepsi) atau gila.

Yang tidak Membatalkan Puasa
Makan dan Minum karena dipaksa, Mencicipi makanan, Berkumur/ sikat gigi denagn siwak dan pasta gigi asal tidak masuk tenggorokan, Mandi, Berbekam, Transfusi darah, Junub (hadast besar) sampai masuk shubuh (hubungan seks atau mimpi).

Adab dan Sunnah Puasa
Bersiap-siap menyediakan buka puasa ketika masuk waktu maghrib, Berbuka dengan ruthab (kurma setengah matang) atau air bila tidak ada pembuka lainnya, Membaca do’a berbuka puasa, Memperbanyak membaca Al-quran beserta tafsirnya, Melakukan I’tikaf di masjid (setelah tanggal 20 Ramadhan ).

Yang Dilarang (Haram/Makruh) dalam Puasa
Mencela / mengumpat orang, Mencaci-maki/menjelek-jelekkan muslim yang lain, Berdusta, menhasut/adu domba, sumpah palsu dan memandang wanita sampai menimbulkan rangsangan syahwat, Siwak, berkumur, gosok gigi (siang hari), Mencium dan memeluk istri dengan nafsu (syahwat), Melakukan aktivitas yang melemahkan fisik (misalnya berbekam dan lain-lain)

Yang Boleh tidak Berpuasa
Musafir (sedang dalam perjalanan lebih dari 86 km, Sakit berat dan kronis sehingga tidak kuat berpuasa, Perempuan haid, nifas, hamil dan menyusui.

Related posts