Minuman Segar dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Disaat puasa kebanyakan orang mengalami dehidrasi, tetapi ketika bedug Magrib berkumandang tanda waktu berbuka telah tiba, kita cenderung lebih memilih untuk segera menyantap habis seluruh hidangan berbuka yang ada tanpa memperhatikan dampaknya dan memahami bahwa sebenarnya dalam tubuh kita kekurangan cairan.
Selama puasa, kita tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam, dalam kondisi ini tubuh kita akan membatasi produksi enzim dan level gula darah akan menurun. Ketika kita kekurangan cairan dalam tubuh, kita akan dihadapi oleh dehidrasi, susah berkonsentrasi, sakit kepala, mudah capek dan juga kesulitan untuk fokus.
Nah, untuk menghapus rasa lelah setelah beraktivitas seharian, sebaiknya kita tidak melupakan pentingnya minuman segar dan menyehatkan sebelum mengkonsumsi sepiring makanan, berikut ini adalah 5 minuman yang cocok untuk melepas dahaga disaat berbuka puasa :
1. Infused Water
Infused water adalah cara menikmati air putih dengan diberi campuran buah-buahan untuk menambah rasa dan aroma. Adapun cara membuat infused water sangatlah mudah, yaitu dengan memasukkan potongan buah-buahan ke dalam air putih, kemudian diamkan selama beberapa jam hingga sari buah keluar. Hasilnya, air putih akan memiliki aroma dan rasa sari buah yang dicampurkan ke dalamnya. Buah yang dapat dikombinasikan menjadi Infused Water antara lain Strowberry, lemon, jeruk, apel, anggur, timun dan lain sebagainya. Sehingga manfaat air putih dan vitamin dari buah dapat dinikmati secara bersamaaan.
2. Teh Hijau / Green Tea
Selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, teh dapat disajikan dingin ataupun hangat sesuai selera masing-masing. Selain itu teh juga terbukti dapat menjaga kesegaran mulut dan nafas. Pada saat puasa rongga mulut menurun aktifitasnya dan menjadi kering karena turunnya produksi cairan saliva. Hal ini menyebabkan mulut terasa tidak segar dan menjadikan bau mulut/nafas yang tidak sedap. Dengan konsumsi satu cangkir teh hijau setelah makan, konsentrasi katekin yang diperoleh sekitar 500-1000 ppm, sudah cukup untuk menyegarkan kembali nafas dan mulut.
3. Air Kelapa Muda
Air kelapa muda memang sangat digemari oleh banyak orang, terlebih ketika berbuka puasa. Selain dapat melepas dahaga setelah seharian menahan haus, Manfaat dari air kelapa sendiri yaitu sebagai pengganti cairan tubuh yang murni selain air. Air kelapa muda juga mengandung elektrolit yang membantu mengembalikan ion tubuh yang hilang setelah beraktifitas seharian penuh berpuasa.
4. Kolak Pisang
Kolak merupakan minuman yang paling popular dibandingkan minuman-minuman segar lainnya disaat bulan Ramadhan tiba. Rasanya yang manis dan lezat dapat dengan segera mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Campuran santan, gula merah, gula pasir, pandan, kolang-kaling dan pisang tersebut juga mengandung kalium mineral, karbohidrat, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.
5. Jus Buah
Minuman yang menggunakan bahan dasar buah ini selain untuk pelepas dahaga, alasan lainnya yaitu karena pada jus mengandung banyak manfaat yang didapat dari buah yang dijadikan bahan dasarnya. Tentunya tiap buah memiliki manfaat yang berbeda dari buah lainnya.
Itu tadi adalah sejumlah minuman yang menyegarkan dan tentunya juga menyehatkan dengan berbagai macam kandungan manfaat yang terdapat pada masing-masing menu minuman yang cocok untuk berbuka puasa tersebut diatas.

Related posts