Kurikulum 2013 Mapel Bahasa Inggris dan TIK Dihapus

Dalam implementasi Kurikulum 2013 ada beberapa cara pembelajaranyang akan disiapkan pusat dan juga ada perangkat pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru sendiri.

Dalam penerapan Kurikulum 2013 mata pelajaran (mapel Bahsa Inggris dan Tegnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan dihapus, yang pada kurikulum KTSP menjadi mata pelajaran wajib, mulai tahun ajaran 2013/2014 akan dihapus dari mata pelajaran yang disajikan di sekolah dasar (SD).

Sumartini, S.Pd menjelaskan Tiga mata pelajaran tersebut tidak lagi menjadi mata pelajaran utama di SD, ketiganya akan di masukkan pada kegiatan extrakulikuler. Menurutnya ketiganya sama seperti Pramuka maupun Unit Kesehatan Sekolah (UKAS) menjadi kegiatan extrakulikuler. Penghapusan mata pelajaran tersebut dilakukan secara bertahap imbuh ibu yang saat ini menjabat Guru KElas di salah satu SD karanganyar.

Perlu diketahui bahhawa Kurikulum 2013 atau Pendidikan Berbasis Karakter adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakan pemahaman, skill, dan pendidikan berkarakter, siswa dituntut untuk paham atas materi, aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Kurikulum ini menggantikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan sejak 2006 lalu.

Dalam Kurikulum 2013 mata pelajaran wajib diikuti oleh seluruh peserta didik di satu satuan pendidikan pada setiap satuan atau jenjang pendidikan.Mata pelajaran pilihan yang diikuti oleh peserta didik dipilih sesuai dengan pilihan mereka.Kedua kelompok mata pelajaran tersebut (wajib dan pilihan) terutama dikembangkan dalam struktur kurikulum pendidikan menengah (SMA dan SMK) sementara itu mengingat usia dan perkembangan psikologis peserta didik usia 7 – 15 tahun maka mata pelajaran pilihan belum diberikan untuk peserta didik SD dan SMP.

Beberapa waktu lalu khususnya untuk wilayah karanganyar Guru Kelas dibagi dalam beberapa gelombang telah melaksanakan diklat kurikulum 2013 yang tiap gelombangnya di laksanakan selama 5 hari.
Tahun ajaran baru kita disambut dengan dengan semangat baru dan tentunya dengan kesiapan juga perencanaan serta target tang ingin kita capai.

#Gilang&Wahyu

Related posts