Kue Bawang Khas Untuk Camilan Lebaran

Susah cari makanan untuk hidangan lebaran? Jangan khawatir dengan kue khas Lebaran yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan oven adalah kue bawang. Kue kering ini hampir dapat ditemui di setiap rumah sebagai suguhan bagi tamu yang murah dan lezat untuk dimakan segala kalangan. Cara membuat dan bahan-bahan yang mudah ditemukan menjadi salah satu faktor mengapa kue ini menjadi favorit para ibu untuk dibuat.

Untuk membuat resep kue bawang, sebenarnya dibutuhkan mesin pembuat pasta atau kulit molen. Namun jika anda tidak mempunyai alat tersebut, tidak perlu mengurungkan niat untuk membuat. Anda dapat menggunakan roller pin penggiling adonan atau bahkan botol bekas kecap atau sirup yang sudah dicuci bersih. Setelah adonan digilas sesuai ketebelan yang diinginkan, potong-potong dengan menggunakan pisau dan bentuk sesuai kehendak anda. Tidak perlu mengikuti aturan baku kue bawang harus berbentuk tusuk gigi seperti biasanya. Dengan bentuk yang berbeda, kue bawang anda akan tampil beda diantara kue bawang tetangga.

Agar hasil kue bawang tetap renyah untuk jangka waktu yang agak lama, gunakanlah tepung terigu berprotein sedang. Saat meniriskan kue bawang dari minyak goreng, usahakan sampai benar-benar tiris. Minyak goreng yang menempel pada kue, jika disimpan dalam wadah tertutup, bisa mengakibatkan kue bawang menjadi cepat apek.

Bahan-bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung tapioka
2 butir telur
75 ml santan kental
50 gr tepung, untuk taburan
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
1 sdm garam
2 butir bawang merah
2 sdm daun seledri dicincang halus

Cara membuat
Campur tepung terigu, tepung tapioka, bumbu halus, telur dan santan. Aduk dan uleni hingga tercampur rata dan kalis.
Masukkan daun seledri cincang.
Siapkan alat penggiling pasta, giling adonan 3 kali hingga menjadi lembaran setebal 2 mm.
Bentangkan di atas talenan, lalu bentuk sesuai selera. Bisa juga dibuat menjadi seperti batang korek api dengan cetakan pasta. Taburi dengan tepung terigu agar tidak saling lengket.
Panaskan minyak wajan, goreng adonan hingga kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Setelah dingin, simpan dalam stoples kedap udara.

Dalam stoples kedap udara, kue bawang dapat bertahan hingga 2 bulan, selama anda menggunakan minyak goreng berkualitas baik dan proses penirisan minyak dilakukan dengan baik.

Related posts