Kalahkan Belanda, Argentina Melaju ke Final

Laga Semi Final kedua mempertandingkan Argentina vs Belanda di stadion Arena de Sao Paulo pada Kamis (10/7/2014). Robin van Persie yg kabarnya diragukan tampil akhirnya diturunkan pada laga ini.

Setelah wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniup peluit tanda pertandingan dimulai, kedua tim bermain dengan sangat hati-hati. Peluang pertama didapat Belanda melalui tendangan volli Sneijder dimenit ke -13 namun masih melebar. Pada babak pertama pertahanan kedua tim sama-sama tangguh dan kokoh, hampir tidak ada peluang yang membahayakan dari dalam kotak penalti. Tercatat hanya tendangan bebas messi dimenit ke -15 yang menjadi satu-satunya shoot on goal dibabak pertama.

Babak kedua dimulai, kedua tim masih tetap menyajikan permainan ketat dan penuh determinasi. louis van gaal ingin anak asuhnya lebih menyerang dengan memassukkan Clesie di menit ke -61 untuk menggantikan Nigel de Jong. Dimenit ke -74 Argentina mengancam saat Enzo Perez mengirim umpan silang kepada Higuain, namun sontekan pemain Napoli tersebut masih tipis disisi kiri Cilessen. Menit ke 80, Tim Tango melakukan double subtitution dengan memasukkan Sergio Aguero mengantikan Gonzalo Higuain dan Palacio mengganti Enzo Perez. Bermain dengan 3 striker Argentina terlihat mampu memberi tekanan lebih kepada pertahanan Belanda, di menit ke -83 Rojo melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti, beruntung Cilessen mampu meredamnya. Disaat laga hanya menyisakan waktu kurang dari satu menit, Arjen Robben hampir membuat publik De Orenje bersorak saat ia sudah didepan gawang Romero, namun akibat terlalu lama membawa bola, tendangan kaki kiri pemain Bayern Muenchen tersebut dapat di blok oleh Mascherano. 90 menit berakhir dengan kedudukan sama kuat 0-0.

Pada babak perpanjangan waktu, Argentina mendapat peluang emas menit ke 115 saat Palacio tinggal berhadapan dengan Cilessen, namun sundulan lemahnya masih dapat ditangkap dengan mudah. begitu pun dengan tendangan Maxi Rodriguez setelah menerima croosing Lionel Messi juga masih mudah diamankan kiper. jalan menuju partai final pun ditentukan lewat adu penalti.

Strategi van Gaal kala mengalahkan costa rica dengan memasukkan Tim Krul dimenit akhir untuk menghadapi tendangan penalti kali ini tidak dilakukan.

Vlaar dan sneijder menjadi pemain dari kubu belanda yang gagal menaklukan sergio romero. sedangkan Messi, Garay, Aguero dan Maxi Rodriguez berhasil menceploskan si kulit bundar. Score 2-4 mengantarkan Argentina ke partai puncak dan akan menantang Jerman yang lebih dulu lolos setelah mengalahkan tuan rumah Brazil.

Belanda (2): Vlaar (X), Robben (O), Sneijder (X), Kuyt (O)

Argentina (4): Messi (O), Garay (O), Aguero (O), Maxi (O)

Related posts