Kabupaten Karanganyar Peringati Nuzulul Qur’an Dengan Memaknai Kebersamaan dan Kepekaan Sosial

Loading...

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Karanganyar memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 1435 H dengan menghadirkan penceramah tenar, Ustadz Wijayanto. Ustadz yang kerap muncul di layar kaca ini diundang dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an atau peringatan turunnya Al Qur’an.
Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati ini merupakan bagian dari kegiatan Sarasehan BAZNAS Kabupaten Karanganyar, dimana pesertanya berasal dari pegawai di jajaran pemerintah kabupaten dan Muspida termasuk didalamnya Kementerian Agama. Acara yang dimulai dengan buka bersama ini dilanjutkan shalat Isya dan tarawih berjamaah, laporan BAZNAS serta tausyiah dari Ustadz Wijayanto.

Dalam sesi laporan, Ketua BAZNAS yang juga menjabat Sekda Kabupaten Karanganyar, H.Samsi, M.Si melaporkan bahwa, BAZNAS Kabupaten Karanganyar berhasil mengumpulkan zakat mal dari PNS, TNI dan Polri di Karanganyar sebesar Rp 423 juta. Karena masih ada perjalanan separoh Ramadan lagi, kami yakin angkanya akan terus bertambah. Apalagi masih ada gaji ke-13 yang akan diterima PNS pada akhir Ramadhan nanti katanya. Perolehan zakat, infak dan shodaqoh yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Karanganyar dari waktu ke waktu terus meningkat, hal ini menandakan kesadaran masyarakat yang semakin baik. Apalagi saat ini sudah mulai merambah para guru SD dan TK di setiap kecamatan, begitu pula dengan TNI dan Polisi yang berada di Polsek dan Koramil.

Dalam kesempatan itu, mantan Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar yang saat ini menjabat manajer BAZNAS, Abdul Mu’id, mengatakan bahwa pihaknya akan menyalurkan zakat fitrah yang dikelolanya. Saat ini semua masih dalam proses pengumpulan dan diprediksi sepekan sebelum Idul Fitri akan didistribusikan ke kecamatan dan desa, serta masjid yang mendapatkan jatah.

Pada sesi terakhir, Ustadz Wijayanto yang diundang untuk menyampaikan tausyiah menjelaskan tentang hakekat Nuzulul Qur’an. Menurutnya, Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk umat manusia, oleh karenanya Kitab Suci Al Qur’an harus dijadikan sebagai pegangan dan pedoman hidup. Mendengar maraknya program-program Ramadhan yang disampaikan oleh Bupati Karanganyar, H. Juliyatmono, kemudian menasihati tentang pentingnya kebersamaan dalam membangun bangsa dan negara, lebih khusus Kabupaten Karanganyar.

loading...

Related posts

Leave a Comment