Diet Mediterania Solusi Menguruskan Badan

Apakah anda pernah mendengar tentang diet Mediterania? Pola makan yang identik dengan konsumsi sayuran dan minyak zaitun ini telah lama diakui ampuh membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Apa sih hebatnya pola makan ini?
Diet Mediterania sendiri tidak diragukan manfaatnya bagi kesehatan karena masing-masing komponennya memang menyehatkan. Antara lain sayuran, buah segar, sereal dari gandum utuh, minyak zaitun, kacang, daging unggas dan ikan.
Namun ternyata sejumlah peneliti masih penasaran apa sih yang membuat pola makan ini begitu menyehatkan. Peneliti gabungan dari King’s College London dan University of California mengadakan penelitian dan menemukan, jawabannya terletak pada kandungan dari dua bahan makanan utamanya, yaitu sayuran hijau dan minyak zaitun.
Bila keduanya dikonsumsi secara bersamaan, maka saat berada di dalam tubuh mereka akan membentuk asam lemak nitro yang dapat menurunkan tekanan darah.
Apalagi setelah diujikan pada tikus yang telah dimodifikasi kondisi genetiknya, asam lemak nitro tadi ternyata berhasil menurunkan tekanan darah si tikus. Caranya, yaitu dengan menghambat kinerja enzim bernama hidrolase epoksida dalam tubuhnya.
Itulah mengapa Profesor Philip Eaton dari King’s College London mengatakan diet Mediterania sangat menyehatkan, meskipun sebenarnya juga mengandung lemak.
”Akan tetapi bila dikonsumsi bersamaan dengan nitrat atau nitrit, akan muncul semacam reaksi kimia yang akhirnya membentuk asam lemak nitro. Ini adalah mekanisme perlindungan tubuh yang alami,” katanya yakin.
Bahkan jika peneliti dapat mendalami temuan ini, bukan tidak mungkin suatu saat mereka akan menemukan obat baru untuk menanggulangi tekanan darah tinggi, termasuk mencegah penyakit jantung.
Kendati percobaan pada manusia baru berada dalam tahap perencanaan, peneliti yakin manusia juga sangat diuntungkan bila mengadaptasi pola makan ini. ”Manusia punya enzim yang sama jadi kami kira hal yang sama juga akan berlaku pada manusia,” imbuhnya seperti dikutip dari BBC.

Related posts