Buku Kurikulum 2013 Disediakan Oleh Pemerintah Secara Gratis

Untuk tingkat SD siswa kelas 1,2,4 dan 5 akan menjadi sasaran awal implementasi Kurikulum 2013. Buku yang dibagikan oleh pemerintah tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis. Buku sudah banyak disisispkan materi untuk latihan siswa, sehingga para siswa tidak lagi membeli buku Lembar Kerja Siswa atau LKS.

Di tahun pelajaran 2014/2015 mulai Juli ini para siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama akan memperoleh buku Kurikulum 2013 secara gratis.

“Di hari pertama sekolah, siswa akan menerima minimal enam buku pelajaran untuk SD dan SMP,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh seperti dilansir laman Kemdikbud.

Menurutnya, pembagian buku Kurikulum 2013 yang dibagikan secara gratis itu harus dibagikan secara transparan agar tidak terjadi pungutan biaya, termasuk pungutan transportasi dari dinas ke sekolah, dari toko ke sekolah atau apapun, hal ini perlu disampaikan kepada orang tua siswa dan siswa.

Dari segi kualitas buku tidak kalah dibandingkan dengan buku yang dijual di pasaran. Smentara dari jumlah halaman, buku paling tipis akan terdiri dari 112 halaman, dengan kertas putih, tegasnya.

Dimas Wihan, M.Pd salah satu guru SD di Karanganyar ketikai usai menghitung jumlah buku, mengemukakan kepada tim karysmafm bahwa pendistribusian buku Kurikulum 2013 baik Dinas maupun Sekolahannya tidak dipungut biaya sama sekali, Ia berharap hal seperti ini harus menjadi contoh untuk instansi yang lain, imbuh Guru Olah Raga yang hobi Taekwondo ini.

Mengenai mekanisme pengadaan buku tersebut ke sekolah, Mendikbud mengemukakan, sekolah bisa langsung memesan ke percetakan sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya, tidak perlu melalui dinas pendidikan kabupaten/kota.

Sementara itu ditempat yang sama Ngatinah, S.Pd selaku kepala sekolah SD di Colomadu Karanganyar membenarkan hal itu “Buku ini gratis, Dinas dan Sekolahan tidak memungut biaya sepeserpun” Mulai tahun ini buku dibagikan. Sebelum akhir Juli 2014 buku sudah harus sampai di sekolah-sekolah.

Kurikulum 2013 diterapkan secara keseluruhan mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA pada tahun ajaran 2014/2015.#Gilang

Related posts