Operator Sekolah di Instansi Dinas Pendidikan Butuh Perhatian Khusus

10428866_236953153181033_2053795241_n

Seiring Berkembang Pesatnya Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi di Indonesia, khususnya di Instansi Dinas Pendidikan salah satunya disekolah dasar (SD) perlu didukung oleh tenaga yang Ahli di bidangnya. Karena saat ini hampir seluruh pekerjaan di Sekolah Dasar (SD) berbasis Tekhnologi Informasi sehingga sudah banyak di Sekolah Dasar yang memperkerjakan tenaga ahli tersebut(TU/Oprator Sekolah OPS). Namun, seiring berjalannya waktu dan pekerjaan yang begitu banyak tidak disesuaikan dengan honor yang diterima oleh para TU/Operator Sekolah di Sekolah Dasar. Dan Pemerintahpun kurang memberi perhatian seperti tidak adanya tunjangan untuk OPS  Padahal peran dari OPS Sekolah sangat Signifikan.

Ketua paguyuban Operator sekolah SD/MI Kecamatan Colomadu Awan Budipancono (39) saat ditemui tim karysmafm.com  memaparkan tidak sesuainya honor yang didapatkan operator sekolah menyebabkan beberapa operator sekolah resign dari TU/Operator Sekolah, beliau juga menambahkan butuh organisasi khusus yang dapat menampung keluhan-keluhan OPS mengingat keberadaan OPS sangat Vital di Instansi Dinas Pendidikan tersebut.

Misal Dalam Dapodik dan SIMDA, yaitu data satuan pendidikan, data peserta didik, serta data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK). Ketiganya lengkap memuat seluruh informasi yang dibutuhkan, sebagai rujukan Kemdikbud untuk menentukan langkah selanjutnya data tentang PTK yang digunakan untuk proses pemberian tunjangan profesi guru. Di dalamnya lengkap memuat biodata, nomor identitas, lama guru mengajar selama seminggu, mengajar di kelas berapa, dan seterusnya, ujar Awan saat ditemui di Mabes OPS Colomadu.

Ia juga menuturkan, jika tahun lalu data pada Dapodik baru diperuntukan sebagai rujukan pengelolaan tunjangan profesi guru. Namun tahun ini, Dapodik diperluas untuk program lainnya, yaitu BOS, rehab, dan BSM. “Sekolah yang ingin mendapatkan anggaran untuk ketiga program itu harus mengisi lengkap data pada Dapodik”. Imbuh bapak dengan gaya khas photografer tersebut.

Saat disinggung Tim karysmafm mengenai Fungsi dari paguyuban tersebut,ia menjelaskan “Operator SD di Kecamatan Colomadu mempunyai tujuan dan maksud untuk memudahkan bertukar informasi antara operator selain menampung keluahan dan permasalahan yang di hadapi para petugas operator sekolah, tampungan aspirasi dari para operator sekolah yang merasa ada ” kurangnya perhatian pihak dari sekolah, Kepsek atau lainnya ” pesan dari salah satu pengurus paguyuban jangan sampai terjadi lagi antara OPs dan pihak sekolah saling serang bahkan mengeluarkan ancaman2 yang tidak seharusnya ada di dunia pendidikan, semua itu karena perhataian untuk kesejahteraan harus di utamakan,mengerjakan tugas-tugas sebagai operator sangat berat dan sulit, bahkan ada UU IT nya dan untuk sekolah yang belum bisa meng on line kan data sesuai kewajibannya ,di harapakan menjalin kerjasama dengan sekolah terdekat dengan menugaskan operator sekolah dengan tentunya harus memperhatikan kesejahteraannya. #Kharis & Gilang

Related posts